Dukcapil Cetak KIA Secara Maraton

Daerah  JUM'AT, 16 NOVEMBER 2018 , 06:30:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Dukcapil Cetak KIA Secara Maraton

Ilustrasi/Net

RMOLBengkulu. Meskipun program Kartu Identitas Anak (KIA) rencananya mulai berlaku secara nasional pada tahun 2019 mendatang. Namun, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lebong, sudah mulai mencetak KIA secara maraton.

Kadis Dukcapil Lebong, Elva Mardiana, mengatakan, persyaratannya sendiri berupa Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga. Akan tetapi prosesnya masih terbatas, pasalnya masih terkendala dengan sapras.

"Sekarang sudah bisa cetak KIA, tapi untuk program secara menyeluruh dilaksanakan tahun depan. Karena saat ini kita masih gunakan sapras KTP Elektronik, sedangkan tahun depan kita akan miliki sapras khusus KIA," ujar Elva, kemarin (15/11) sore.

Sedianya, kata Elva, ibu yang baru melahirkan anaknya dahulu hanya perlu mengurus akta lahir, kini ada tambahan administrasi yaitu mengurus KIA. Setelah KIA selesai, anak tersebut sudah dianggap legal sebagai WNI.

"KIA atau KTP Anak secara bertahap akan kita sosialisasikan, sebagaimana yang telah diatur di dalam Permendagri nomor 2 Tahun 2016 mengenai Kartu Identitas Anak," lanjutnya.

Kartu Identitas Anak, lanjut Elva,  akan menjadi identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah, yang diterbitkan oleh Dukcapil.

"Payung hukum KIA itu sendiri disebutkan dalam Pasal 27 Undang Undang nomor 35 tahun 2014, tentang Perubahan Atas UU No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Serta UU nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, sebagaimana telah diubah dengan UU 24 tahun 2013," demikian Elva. [ogi]

Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00