Amorphophallus Di Rejang Lebong Sering Mekar Agustus

Daerah  RABU, 08 AGUSTUS 2018 , 15:56:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Amorphophallus Di Rejang Lebong Sering Mekar Agustus

RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Dusun III Desa Rimbo Recab, Kecamatan Curup Selatan, Kabupaten Rejang Lebong selama ini diketahui merupakan salah satu habitat bunga langkah berupa Amorphophallus Titanium atau yang disebut bunga Kibut.

Hal itu dibutkitakan dengan mekarnya bunga raksasa tersebut, dimana menurut Suparman Dahlan (63) warga setempat, bunga itu hampir setiap tahunnya selalu tumbuh dan mekar dilokasi yang sama.

"Bunga ini sudah ada disini sejak sekitar tahun 80 an dilokasi yang sama, hampir setiap tahun tumbuh, kadang dua tahun sekali kadang setahun sekali," kata Suparman kepada RMOLBengkulu, Rabu (8/8).

Suparman yang merupakan pemilik lahan lokasi bunga Kibut mengungkapkan, waktu munculnya bunga tersebut setiap tahunnya selalu dibulan yang sama, yakni Juli-Agustus seperti saat ini, pada awal mulai kuncup mencul selalu dibulan Juli dan mekar di bulan Kemerdekaan RI atau Agustus.

Disisi lain dia menambahkan, berdasarkan cerita rakyat, pada zaman penjajahan dahulu bunga itu selalu tumbuh di makam, sehingga dipercaya aroma busuk yang menyerupai bau bangkai itu berasal dari dalam makam.

"Kalau bahasa Rejang bunga Kibut ini disebut bunga Sekedai, kalau cerita orang dulu bunga ini tumbuhnya di kuburan, makanya aromanya busuk," imbubnya.

Untuk melihat bunga setinggi sekitar 3 Meter tersebut, dapat dialalui dengan menempuh jarak sekitar 5 Kilometer dari pusat kota, dilokasi pengunjung tidak dipungut biaya tetapi diharapkan bisa menjaga yang ada. [nat]





Komentar Pembaca
Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

KAMIS, 26 MARET 2020 , 17:46:00