Lagi, Kasus Gizi Buruk Ditemukan Di Rejang Lebong

Daerah  SENIN, 23 JULI 2018 , 16:05:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Lagi, Kasus Gizi Buruk Ditemukan Di Rejang Lebong

RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Petugas kesehatan Kabupaten Rejang Lebong kembali menemukan Balita penderita gizi buruk diwilayah itu, kali ini Balita penderita gizi buruk sebanyak 3 orang.

Yakni Rangga balita penderita gizi buruk berusia 5 bulan pasangan dari Firman (33) dan Siti Zubaidah (31) asal Desa Lawang Agung Kecamatan Sindang Beliti Ulu (SBU), balita malang ini dirujuk ke RSUD Curup pada Sabtu (21/7) kemarin setelah sempat menjalani pemeriksaan di Puskesmas SBU.

"Dari keterangan bidan di Puskesmas, anak kami ini menderita gizi buruk, beratnya hanya 4 Kilogram," ujar Firman ditemui di RSUD Curup, Senin (23/7).

Yang menyedihkan, bayi tersebut saat ini hanya dirawat oleh ayah dan bibinya, lantaran sang ibu telah meninggal dunia karena kecelakaan di Kota Lubuklinggau, Sumsel sekitar 1,5 bulan yang lalu.

Sementara itu balita penderita gizi buruk lainnya yakni Alfarizi berusia 8 bulan dan Puspitasari (4) keduanya merupakan anak dari pasangan Tri Winarni (34) dan Winarto (35) warga Desa Suban Ayam Kecamatan Selupu Rejang, hanya saja Puspitasari kondisinya sudah membaik dan diperbolehkan pulang, sementara sang adik masih menjalani perawatan intensif di RSUD Curup.

"Anak saya dibawa ke rumah sakit seminggu yang lalu, anak pertama saya (Puspitasari,red) beratnya hanya 10 Kilogram, sedangkan anak saya yang kecil beratnya 5 Kilogram," ujar Tri Winarni.

Pada saat lahir, dibeberkan Tri berat badan Alfarizi hanya seberat 2,7 Kilogram saja, dia mengakui kalau sejak kecil asupan gizi buah hatinya kurang lantaran keterbatasan ekonomi keluarga, dimana sang suami sendiri hanya bekerja sebagai penjual makanan ringan.

Disisi lain, Kabid Pelayanan RSUD Curup Harmansyah menungkapkan, balita atas nama Rangga juga memiliki penyakit penyerta berupa kelainan usus, sehingga hal itu pula yang menjadi tantangan dalam upaya pemulihan balita tersebut.

"Kami sejauh ini sudah menempatkan tiga petugas kesehatan secara khusus untuk memantau gizi pasien anak yang dirawat saat ini semuanya patugas ahli gizi, sehingga asupan gizi yang diperlukan bisa terpenuhi," terangnya.

Hingga saat ini pada bulan Juli sendiri, ditambahkan Harmansyah, jumlah pasien anak penderita gizi buruk yang dirawat di RSUD Curup mencapai 5 orang, hanya saja yang masih dirawat tinggal 2 orang.

Disisi Wakil Bupati Rejang Iqbal Bastari usai menjenguk langsung balita penderita gizi buruk di RSUD Curup mengatakan, kasus tersebut kembali ditemukan karena peran aktif petugas kesehatan di tiap kecamatan yang turun langsung kelapangan.

"Kami juga berharap kepada perangkat desa, perangkat kecamatan agar terus berkoordinasi jika kembali ditemukan, agar dapat di ketahui, cepat ditangani, kita berharap tentunya tidak terjadi lagi," ujar Wabup.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, petugas kesehatan Kabupaten Rejang Lebong menemukan dua penderita gizi buruk, yakni atas nama Yusuf usuf berusia 6 bulan asal Desa Kampung Jeruk Kecamatan Binduriang yang saat ini sudah menjalani perawatan dirumah, dan satunya lagi atas nama Sera berusia 12 bulan warga Trans Tanjung Gelang, Kecamatan Kota Padang, hanya saja balita malang tersebut meninggal dunia meninggal dunia. [nat]




Komentar Pembaca