Mekar Lagi Bunga Rafflesia Di Padang Guci Kaur

Daerah  KAMIS, 05 JULI 2018 , 17:22:00 WIB | LAPORAN: AIDIL HARYANTO

Mekar Lagi Bunga Rafflesia Di Padang Guci Kaur
RMOLBengkulu. Satu bunga langka dan dilindungi Rafflesia bengkuluensis ditemukan mekar di kawasan belukar bantaran Sungai cawang kidau di sekitar Desa Manau IX Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu tepatnya Kamis, (5/7)

Ketua Komunitas Pemuda Padang Guci Peduli Puspa Langka (KKPL), Andri Yan mengatakan, "Saat ditemukan, kelopak bunga mulai membuka dan mekar sempurna pada Rabu (4/7) dan hari ini hari kedua mekarnya bunga rafflesia Bengkuluensis," kata Andri.

Rafflesia bengkuluensis merupakan satu dari lima jenis bunga langka Rafflesia yang teridentifikasi di hutan Bengkulu. Hutan di wilayah Kabupaten Kaur merupakan habitat endemik jenis Rafflesia bengkuluensis yang diidentifikasi oleh pakar Rafflesia dari Universitas Kebangsaan Malaysia dan Universitas Bengkulu, Indonesia pada 2005.

Selain jenis Rafflesia bengkuluensis, hutan wilayah Provinsi Bengkulu juga ditumbuhi empat jenis rafflesia lainnya, yakni Rafflesia arnoldii, Rafflesia gadutensis, Rafflesia hasselti dan Rafflesia kemumu yang merupakan jenis terbaru Rafflesia sp.

Sambung Andri yan, "Untuk wilayah hutan Kaur terdapat dua jenis Rafflesia yang sudah teridentifikasi yakni Rafflesia arnoldii dan Rafflesia bengkuluensis," ucap Andri. [ogi/adl/aan]

Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00