Punya "Sintaro" Wilayah Ini Ditetapkan Sebagai Kampung Kopi

Daerah  JUM'AT, 16 FEBRUARI 2018 , 20:25:00 WIB | LAPORAN: IRMAN DINATA

Punya

Pemandian Punai/ RMOL Bengkulu

RMOL. Desa Suku Empat Menanti, Kecamatan Sindang Dataran, saat ini telah ditetapkan menjadi Kampung Kopi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong, penetapan status tersebut setelah adanya Surat Keputusan (SK) Bupati Rejang Lebong.

Koordinator Kelompok Tani Perkasa, Adi Panitio mengatakan, penetapan desa tersebut sebagai Kampung Kopi karena memang diwilayah itu merupakan salah satu sentra penghasil kopi terbaik di Rejang Lebong. Dengan kopinya yang fenomenal yakni Kopi Sindang Dataran Robusta atau disingkat Sintaro.

"Bupati telah mengeluarkan SK penetapan status Desa Suku Empat Menanti menjadi Kampun Kopi, SK diterima oleh Kepala Desa," kata Adi kepada RMOL Bengkulu, baru-baru ini.

Salah satu penunjang penetapan desa tersebut menjadi Kampung Kopi yakni pengelolaan objek wisata alam. Disekitar area perkebunan kopi warga, terdapat wisata air terjun Pemandian Punai, yang belum lama ini dibuka untuk umum.

Masih kata Adi, potensi wisata itu dikelola langsung oleh kelompok tani setempat tanpa melibatkan pihak ketiga. Tujuan pengembangan wisata tersebut untuk kemaslahatan masyarakat sekitar.

Dia menabahkan, Pemda bisa membuat paraturan terkait proses pengelolaan kopi dimasyarakat. Diakui dia, selama ini dalam proses penjemuran kopi, masyarakat masih memanfaatkan dipinggir jalan umum lantaran tidak memiliki lahan efektif.

"Kami berharap pemda membuat semacam Perda, contohnya penjemuran tidak dilakukan dijalan. Masalahnya kalau dilihat oleh wisatwan dari luar tentunya akan memberikan nilai negatif," bebernya.

Selain itu, pihaknya juga berharap kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk memperbaiki akses utama di desa tersebut yang telah lama rusak 20 tahun terakhir. [nat/ard]




Komentar Pembaca
Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

KAMIS, 26 MARET 2020 , 17:46:00