Entaskan Kawasan Kumuh, Rejang Lebong Dapat Miliaran Rupiah

Daerah  KAMIS, 15 FEBRUARI 2018 , 20:53:00 WIB | LAPORAN: IRMAN DINATA

Entaskan Kawasan Kumuh, Rejang Lebong Dapat Miliaran Rupiah

RMOL Bengkulu

RMOL. Pengentasan kawasan kumuh dan penyediaan air bersih terus digenjot pemerintah pusat melalui 3 program, yakni program Penyediaan Air Bersih dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) Islamic Development Bank (IDB) dan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

Dikabupaten Rejang Lebong sendiri, pada tahun 2017 kemarin, tiga program tersebut telah selesai dilaksanakan yang ditandai dengan peresmian ketiga program tersebut yang digelar di Desa Air Nau Kecamatan Sindang Beliti Ulu, dengan kucuran dana mencapai miliaran rupiah.

"Pada tahun 2017 kemarin, tiga program pengentasan kawasan kumuh dan penyediaan air bersih di masing masing desa/ kelurahan disejumlah kecamatan dilaksanakan 100 persen," kata Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Rejang Lebong, Hamsapari saat menyampaikan sambutan, Kamis (15/2/2018)

Dia memaparkan, program Pamsimas dilaksanakan di 18 desa yang tersebar di 7 dari 15 Kecamatan, dengan total alokasi dana sebesar Rp. 5.727.500.000.

Kemudian Program Sanimas dilaksanakan di 11 desa di 5 Kecamatan dengan total alokasi dana sebesar Rp. 4.675.000.000, sedangkan program Kotaku menyasar 3 kelurahan di 3 kecamatan dengan total alokasi sebesar Rp. 1,5 miliar.

Sementara itu, Konsultan program dari Dirjen Cipta Karya Kementrian PU pusat Pramuji Widodo yang turut hadir dalam persemian mengungkapkan, keberhasilan pelaksanaan progra tidak terlepas dari peran Pemerintah Daerah dan masyarakat setempat.

"Program yang dijalankan untuk meningkatkan drajat kesehatan masyarakat, keberhasilannya tidak terlepas dari peran Pemerintah Daerah dan Masyarakat, karena program yang dijalankan jalankan platform nya kolaborasi, Kabupaten atau kota sebagai nahkoda," ujarnya.

Disisi lain Bupati Rejang Lebong, Ahmad Hijazi yang turut hadir bersama Wakil Bupati Rejang Lebong Iqbal Bastari beserta rombongan menambahkan, program yang dijalankan tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, untuk itu dia perharap fasilitas yang telah dibangun hendaknya dijaga dan dirawat oleh masyarakat.

"Kita tentunya berharap, apa yang telah dibangun dapat dirawat dan dijaga sebaik mungkin, jangan hanya selesai dibangun kemudian dibiarkan, mari kita jaga bersama apa yang telah diberikan," demikian Hijazi. [nat/ard]




Komentar Pembaca
Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

KAMIS, 26 MARET 2020 , 17:46:00