Tertunda Di Perusahaan Induk, Sikap Travel Umrah SBL Rejang Lebong?

Daerah  JUM'AT, 02 FEBRUARI 2018 , 18:47:00 WIB | LAPORAN: IRMAN DINATA

Tertunda Di Perusahaan Induk, Sikap Travel Umrah SBL Rejang Lebong?

RMOL Bengkulu

RMOL. Pengurus PT Solusi Balad Lumampah (SBL) Cabang Rejang Lebong Nur Hafizah mengklaim, selama ini layanan travel jasa pemberangkatan jemaah umrah di Kabupaten Rejang Lebong tidak ada masalah, selain itu tidak ada penundaan keberangkatan seperti terjadi diperusahaan induk, Jakarta.

"Selama ini pemberangkatan jemaah yang kita lakukan tidak ada masalah, tidak ada penundaan tetap memberangkatkan jemaah. Tahun sebelumnya kita sudah dua kali berangkatkan calon jemaah, yakni 6 Desember sebanyak 104 jemaah, dan kedua 11 Desember sebanyak 49 jemaah," kata Nur Hafizah ditemui RMOL Bengkulu dikantor PT. SBL Cabang Rejang Lebong di Kelurahan Pelabuhan Baru Kecamatan Curup, Jumat (2/2/2018)

Meskipun saat ini pemberangkatan jemaah umrah yang di perusahaan pusatnya tengah mengalami polemik yakni adanya penundaan, namun dia menyampaikan, pada tahun 2018 ini yakni bulan Februaru nanti, pihaknya tetap akan memberangkatkan para calon jemaah yang telah mendaftar sebelumnya yakni sebanyak 46 jemaah, hanya saja pemberangkatan tidak lagi melalui PT. SBL melainkan melalui perusahaan travel berbeda.

Dia menjelaskan, penundaan keberangkatan calon jemaah yang terjadi di perusahaan pusat tersebut merupakan pemberangkatan yang menggunakan paket promo, sedangkan menurut Nur Hafizah, selama ini pihaknya tidak pernah menyediakan paket promo melainkan paket konfensional sehingga proses pemberangkatan tidak mengalami kendala.

"Untuk pemberangkatan tahun ini kita tetap menyediakan paket konfensional, para pendaftar langsung menyetorkan uang ongkos pemberangkaran secara tunai," bebernya.

Disisi lain, Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Rejang Lebong H. Tasri melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Akhmad Hafizuddin saat dikonfirmasi membenarkan, jika selama ini tidak ada laporan dari masyarakat terkait jasa pelayanan pemberangkatan umrah pada PT SBL Cabang Rejang Lebong.

Bahkan menurutnya selama ini pula, tidak ada laporan terkait jasa travel umrah lainnya.

"Sejauh ini belum ada laporan terkait permasalahan pemberangkatan umroh melalui PT SBL Rejang Lebong, sebelumnya memang SBL ini telah meberangkatkan jemaah umrah sebanyak dua kali," bebernya.

Dalam pemberangkatan jemaah umrah tersebut, menurut dia, bagi calon jemaah yang akan berangkat melalui travel umrah juga masih berurusan dengan pihaknya, berdasarkan kebijakan pihak Imigrasi, bagi calon jemaah wajib mengambil pengantar pembuatan paspor ke Kantor Kemenag.

"Kebijakan ini sudah diberlakukan sejak Maret 2017 lalu, jadi dengan begitu kita dapat memantau jumlah jemaah dan jasa travel mana yang memberangkatkannya," demikian Akhmad. [nat/ard]



Komentar Pembaca
Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

KAMIS, 26 MARET 2020 , 17:46:00