Bangun Jalan Akses Utama dan Trotoar Pasar Muara Aman

Daerah  KAMIS, 25 JANUARI 2018 , 10:39:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Bangun Jalan Akses Utama dan Trotoar Pasar Muara Aman
RMOL. Dalam rangka mensinergiskan pembangunan tahun 2018, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRP) Kabupaten Lebong pada bulan maret mendatang akan revitalisasi jalan disekitar Pasar Rakyat di Terminal Muara Aman, Kecamatan Amen.

Dikatakan Kadis PUPRP Lebong, Eddy Ramlan melalui Kabid Bina Marga, Donni Swabuana kepada RMOL Bengkulu, jalan untuk kendaraan akan terdiri dari dua lajur dengan panjang masing-masing 7x 2 meter sebagai akses utama  masuk ke pasar Muara Aman. Termasuk membangun trotoar untuk para pejalan kaki dengan panjang 3 meter.

Untuk pengunjung pasar yang membawa kendaraan akan disediakan lahan parkir serta lampu rambu-rambu jalan.

"Mudah-mudahan bulan Maret mendatang bangunannya segera akan dibangun. Kalau bangunannya sudah tertata rapi kan enak dipandang," kata Donni saat diminta keterangan, Rabu (24/1/2018).

Selain itu,  kegiatan yang menelan anggaran Rp 2 Miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) APBD Lebong tahun Anggaran (TA) 2018 ini diharapkan didukung oleh para pedagang pasar rakyat setempat.

Sebab, untuk membangun trotoar dan jalan dua jalur di sepanjang pasar  itu nantinya terlebih dahulu perlu dibongkar kios-kios yang kebetulan telah dibangun para pedagang disekitar pasar. Kendati demikian, jika tidak dibongkar dikhawatirkan akan memperlambat akses lalu lintas di sekitar pasar.

"Kita juga minta kepada pengelola (UPTD, red) pasar  rakyat di terminal Muara Aman untuk dapat sosialisasikan kepada para pedagang. Kalau bisa dari sekarang kios yang berada disisi kanan atau depan Pasar dapat dikosongkan," tambah Donni.

Dalam konteks pembangunan yang terdesentralisasi kata Donni, masyarakat tidak boleh dijadikan objek tetapi sebagai subjek, dan ini harus tegas dinyatakan bahwa masyarakat adalah sebagai subjek pembanguan.

"Pemerintah dan masyarakat adalah sama dalam tatanan sistem pembangunan daerah. Artinya,  setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Pun, kita harap bangunan ini didukung oleh masyarakat. Karena Lebong harus bangga punya pasar berkelas seperti ini,” demikian Donni. [nat]




Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00