Operasi Pasar Beras di Rejang Lebong Belum Efektif

Daerah  JUM'AT, 19 JANUARI 2018 , 19:35:00 WIB | LAPORAN: IRMAN DINATA

Operasi Pasar Beras di Rejang Lebong Belum Efektif

RMOL Bengkulu

RMOL. Operasi pasar beras yang digalakan pemerintah daerah bersama pihak Bulog dalam mengantisipasi lonjakan harga beras, saat ini dinilai belum efektif. Pasalnya, meski Beras Cadangan Pemerintah (BCP) telah digelar namun harga beras tetap belum stabil.

Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian, Rejang Lebong, Margono, didampingi Kasi Perlindungan Konsumen dan Kemetrologian, Nahwan, mengatakan, belum ada pengaruh dari Operasi Pasar Brras Cadangan Pemerintah (OPBCP) tersebut karena dari pengamatannya, beras yang disediakan dalam OPBCP itu hanya diminati oleh beberapa kalangan masyarakat saja.

"Memang Bulog telah melakukan operasi pasar, tetapi belum dapat menekan harga dipasar, dari pengamatan di masyarakat beras yang disediakan di operasi pasar itu kurang diminati juga, hanya diminati kalangan menengah ke bawah," ungkap Nahwan saat dikonfirmasi RMOL Bengkulu Jumat (19/1/2018).

Sedangkan masyarakat kalangan menengah ke atas, dikatakan dia cenderung memilih beras kemasan baik atau kualitas premium maupun medium walaupun harganya melonjak tinggi. Padahal, beras yang disediakan dalam OPBCP sendiri merupakan jenis beras medium yang tak kalah bagusnya dengan beras bermerk.

Sementara itu dia menyampaikan, OPBCP itu sendiri saat ini dijalankan melalui 13 distributor beras di Kabupaten Rejang Lebong.

"Harga beras sendiri sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) Pemerintah yakni sebesar Rp 9.850 per kilogram," pungkasnya. [nat/ard]


Komentar Pembaca
Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

KAMIS, 26 MARET 2020 , 17:46:00