Calon Tunggal Dirut PDAM Tirta Dharma Tetap Diuji

Tidak Libatkan DPRD

Daerah  KAMIS, 18 JANUARI 2018 , 20:29:00 WIB | LAPORAN: IRMAN DINATA

Calon Tunggal Dirut PDAM Tirta Dharma Tetap Diuji

RMOL Bengkulu

RMOL. Meski hanya terdapat calon tunggal, proses seleksi Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma, Rejang Lebong tetap dilaksanakan, Kamis (18/1/2018). Tahapan kali ini panitia seleksi melakukan uji kelayakan atau uji kompetensi terhadap satu nama calon yakni Orin Retnowati warga Karang Asem, Kota Surakarta.

Pelaksanaannya di ruang rapat Sekda Rejang Lebong, dibuji oleh Sekda Rejang Lebong, Asisten II bidang ekonomi dan pembangunan, tim seleksi hingga perwakilan Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi Bengkulu).

Hanya saja dalam seleksi Dirut PDAM Rejang Lebong tersebut tidak melibatkan pihak DPRD Rejang Lebong, hal ini diakui langsung oleh Wanoho anggota DPRD Rejang Lebong dari Komisi II.

"Memang dalam pelaksanaan seleksi Direktur PDAM Tirta Dharma ini kita tidak dilibatkan, karena memang dalam Perda yang ada, pihak legeslatif tidak dilibatkan dalam seleksi Direktur PDAM," ujar Wahono kepada awak media.

Dia menjelaskan, didalam Perda Rejang Lebong tentang pemilihan Dirut PDAM pihak DPRD tidak dilibatkan dalam proses seleksi, termasuk dalam proses uji kelayakan Fit and Proper Test di DPRD, karena menurutnya pasal tersebut telah dihapua dalam Perda tersebut, berbeda dengan pemilihan Direktur BUMD yang tahapan seleksinya melibatkan DPRD.

Dihapusnya Fit and Proper Test Dirut PDAM tersebut daei keterangan pihak Pemerintah Rejang Lebong, disampaikan dia, telah dihapus saat adanya evaluasi dari Kementrian Dalam Negeri

"Meski demikian, setelah nanti ditunjuk Direktur PDAM Tirta Dharma, maka kami akan langsung melakukan hearing untuk melihat program Direktur baru tersebut,  dan iapapun yang menjadi Direktur PDAM nanti, kita berharap bisa memberikan yang terbaik untuk layanan air bersih di Kabupaten Rejang Lebong ini," demikian Wahono.

Ditambahkan Surya, Wakil Ketua II DPRD Rejang Lebong, pihaknya berharap dengan adanya Dirut PDAM nantinya pengelolaan air minum dapat menjadi lebih baik lagi, mengingat Kabupaten Rejang Lebong dianugerahi sumber air yang berlimpah. [nat/ard]



Komentar Pembaca
Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

KAMIS, 26 MARET 2020 , 17:46:00