Kukang Sumatera Korban Perburuan Liar Diselamatkan FK3I RL

Diserahkan Ke BKSDA

Daerah  SELASA, 09 JANUARI 2018 , 20:00:00 WIB | LAPORAN: IRMAN DINATA

Kukang Sumatera Korban Perburuan Liar Diselamatkan FK3I RL

RMOL Bengkulu

RMOL. Anggota Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I), Korwil Rejang Lebong menyerahkan satu ekor Kukang Sumatera ke Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Wilayah I Kabupaten Rejang Lebong. Satwa dengan nama latin Nycticebus Coucang diduga menjadi korban perburuan liar.

Rizki, anggota FK3I Korwil Rejang Lebong, mengatakan, Kukang tersebut diduga menjadi korban perburuan liar karena pada bagian tubuhnya terdapat luka tembak, diperkirakan luka tersebut telah lama sehingga pada saat pertama kali ditemukan primata ini tidak berdaya.

"Salah satu warga Kecamatan Selupu Rejang mendaptkan Kukang ini tidak berdaya disemak-semak dekat pemukiman warga, ketika dilihat ada bekas luka seperti luka tembak pada bagian lengannya," ujar Rizki kepada RMOL Bengkulu di kantor BKSDA Selasa (9/1/2018).

Dia mengatakan, penyerahan Kukang tersebut ke pihak BKSDA merupakan yang kesekian kalinya, karena sebelumnya pada tahun 2017 lalu, pihaknya juga menerima Kukang dari warga.

Menurut pengamatannya, primata yang kerap beraktivitas pada malam hari atau nokturnal itu, masih dijumpai diwilayah Selupu Rejang dan sekitarnya. Terkadang primata itu berada didekat pemukiman warga yang banyak terdapat tanaman bambu.

Kepala Unit Polisi Kehutanan Seksi Wil I BKSDA Rejang Lebong, Ripi Wijaya, membenarkan jika keberadaan populasi Kukang diwilayah Rejang Lebong masih banyak.

Ia menegaskan keberadaan Kukang yang juga disebut Malu-Malu itu harus tetap dijaga, terlebih primata tersebut dilindungi Undang-undang.

Terkait dengan Kukang yang diserahkan kepihaknya tersebut selanjutnya diungkapkan dia, Kukang itu akan dilakukan perawatan medis agar nantinya dapat dilepaskan kembali kehabitat aslinya.

"Kami menghimbau kepada masyarakat agar tidak memburu ataupun memelihara satwa-satwa yang dilindungi, bagi yang memiliki satwa yang dilindungi segera serahkan ke BKSDA agar tidak berurusan dengan hukum," demikian Ripi. [nat/ard]




Komentar Pembaca
Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

KAMIS, 26 MARET 2020 , 17:46:00