Pemulihan Ekosistem, Aktivitas Pendakian Bukit Kaba Ditutup Lagi

Daerah  JUM'AT, 05 JANUARI 2018 , 18:29:00 WIB | LAPORAN: IRMAN DINATA

Pemulihan Ekosistem, Aktivitas Pendakian Bukit Kaba Ditutup Lagi

Gunung Api Bukit Kaba/ RMOL Bengkulu

RMOL. Jika sebelumnya kegiatan camping di Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Api Bukit Kaba, Kabupaten Rejang Lebong ditutup hingga 2 Januari kemarin, terhitung sejak 8 Januari hingga 18 Februari 2018 nanti, seluruh kegiatan pendakian baik camping maupun hakking akan ditutup kembali guna dilakukan pemulihan ekosistem didalam kawasan.

"Aktivitas pendakian di Bukit Kaba resmi ditutup terhitung sejak 8 Januari hingga 28 Februari mendatang, karena kita akan melakukan pemulihan ekosistem didalam kawasan," ujar Kepala Kesatuan Hutan Konservasi (KPHK) TWA Bukit Kaba, Winarso, Jumat (5/1/2018).

Dia menyampaikan, pemulihan ekosistem didalam kawasan itu dilakukan, menyusul tingginya aktivitas pendakaian selama tahun 2017 yang menyebabkan ekosistem didalam kawasan menjadi terganggu dan rusak.

"Banyanya aktivitas manusia didalam kawasan tentunya berdampak pada ekosistem didalam kawasan, seperti pohon-pohon disepanjang jalur pendakian yang rusak, kemudian sampah yang berserakan dari pengunjung," sambungnya.

Selanjutnya tambah Winarso, 29 Februari nanti aktivitas pendakian akan dibuka kembali. Meski demikian, pihaknya akan menerapkan standarisasi yang harus ditaati oleh para pengunjung.

Winarso mengakui, selama ini aktivitas pendakian di gunung setinggi 1936 Meter Diatas Permukaan Laut (MDPL) itu, penerapan standarisasi pendakian belum dilakukan.

"Dari hasil evaluasi, saat dibuka nanti kita akan menerapkan standar pendakian, diantaranya pengecekan jumlah barang bawaan sehingga pengunjung tidak meninggalkan sesuatu selain jejak. Contohnya bila pengunjung membawa 10 bungkus makanan, maka sampah yang harus dibawa turun juga sebanyak 10 bungkus. Tetap bersabar untuk saat ini masih pemulihan, demi keberlangsungan ekosistem," imbuhnya. [nat/ard]




Komentar Pembaca
Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

KAMIS, 26 MARET 2020 , 17:46:00