Sambut Tahun Baru, Pendaki Bukit Kaba Peroleh Kebijakan

Daerah  RABU, 27 DESEMBER 2017 , 17:02:00 WIB | LAPORAN: IRMAN DINATA

Sambut Tahun Baru, Pendaki Bukit Kaba Peroleh Kebijakan

Bukit Kaba/ RMOL Bengkulu

RMOL. Petugas dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Rejang Lebong, mengeluarkan kebijakan yaitu memberikan batas waktu bagi para pengunjung Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Api Bukit Kaba.

Petugas hanya memberi waktu hingga pukul 17.00 WIB bagi pengunujung untuk kembali ke pos penjagaan, aturan tersebut diberlakukan pasca dilarangnya aktivitas Camping sejak 19 Desember lalu hingga 2 Januari 2018.

"Hingga saat ini pengunujung masih tetap dilarang untuk bermalam atau Camping di Bukit Kaba, kami berikan waktu hingga pukul 17.00 WIB bagi pengunujung untuk sampai lagi ke pos penjagaan," tegas Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Konservasi (KPHK) BKSDA Rejang Lebong Winarso saat dikonfirmasi RMOL Bengkulu, Rabu (27/12/2017).

Winarso mengatakan, bagi pengunjung yang ingin menikmati panorama alam Bukit Kaba lebih lama musim liburan natal dan tahun baru kali ini, pihaknya memberikan toleransi melakukan pendakian sejak pukul 05.00 WIB hanya saja pengunjung harus kembali tiba di pos penjagaan pukul 17.00 WIB.

Untuk itu pihaknya menghimbau kepada kalangan masyarakat yang ingin berkunjung agar tetap mematuhi aturan yang ada dengan tujuan agar tidak terjadi insiden yang tidak diharapakan.

"Ada sebanyak 9 petugas yang berjaga disekitar kawasan untuk mengantisipasi pengunjung ilegal, kami juga sudah meminta bantuan pengamanan 2 anggota Polisi mengnatisipasi lonjakan menjelang tahun baru," kata Winarso

Disisi lain, terkait jumlah pengunjung menjelang malam pergantian tahun sendiri, dikatakan Winarso berdasarkan penatuan pihaknya saat ini jumlah pengunjung belum mengalami lonjakan, saat ini jumlah pengunjung dalam seharinya hanya mencapai 15 orang saja.

"Sejauh ini juga para pengunjung mematuhi aturan yang ada, tidak ada yang melakukan kegiatan Camping," pungkas Winarso. [nat/ard]




Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00