Pasca Penemuan Mayat, Tahun Baru Bukit Kaba Ditutup Untuk Kemah

Daerah  SELASA, 19 DESEMBER 2017 , 18:31:00 WIB | LAPORAN: IRMAN DINATA

Pasca Penemuan Mayat, Tahun Baru Bukit Kaba Ditutup Untuk Kemah

RMOL Bengkulu

RMOL. Terhitung sejak Selasa (19/12/2017) hingga 2 Januari 2018 mendatang, kalangan pengunjung Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Api Bukit Kaba kabupaten Rejang Lebong dilarang melakukan kegiatan camping atau berkemah, aturan tersebut ditetapkan menyusul adanya temuan jasad dalam kawah mati Bukit Kaba Minggu (17/12/2017) lalu.

"Untuk aktivitas pendakian masih tetap dibuka, pengunjung masih tetap bisa melakukan kegiatan Haking namun untuk kegiatan Camping terhitung hari ini ditutup hingga 2 Januari 2018 mendatang," Tegas Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Konservasi (KPHK) BKSDA Rejang Lebong, Winarso, kepada RMOL Bengkulu, Selasa (19/12/2017).

Sejak ditetapkannya kebijakan aktivitas pendakian itu, Winarso menyampaikan, pihaknya juga akan memperketat penjagaan kawasan TWA Bukit Kaba dengan menerjunkan sebanyak 6 personil Polisi Kehutanan BKSDA, petugas akan menjaga akses masuk kedalam kawasan.

Hal tersebut diberlakukan menyusul adanya pengunjung ilegal yang masuk dalam kawasan yang kemudian ditemukan tewas didalam kawah mati, dengan kejadian itu pihaknya tidak mau kecolongan lagi.

"Agar insiden serupa tak terjadi lagi kita perketat penjagaan, jika nantinya ada pengunjung yang tetap melakukan kegiatan Camping, maka petugas akan menjemputnya," kata Winarso.

Aturan pelarangan kegiatan Camping itu diberlakukan menurut Winarso, juga dikarenakan cuaca ekstrim yang saat ini tengah melanda wilayah itu, jika aturan tersebut tak diberlakukan pihaknya khawatir akan menimbulkan insiden yang tidak diinginkan terjadi pada pengunjung.

"Guna memperketat penjagaan, kita juga akan melibatkan masyarakat sekitar, serta pada tanggal 25 Desember nanti kita juga akan minta bantuan anggota Polsek dan TNI," tutup Winarso. [nat/ard]


Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00