Ternyata, 8 Penyakit Katastropik Masih Ditanggung BPJS

Daerah  SELASA, 12 DESEMBER 2017 , 00:53:00 WIB | LAPORAN: IRMAN DINATA

RMOL. Kepala kantor cabang Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS), Kesehatan Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Syafrudin Imam Negara menampik adanya informasi terkait 8 penyakit Katastropik yang tidak akan lagi ditanggung BPJS Kesehatan.

Ia menegaskan, informasi tersebut dipastikan tidak benar sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

"Informasi tersebut tidak benar alias Hoax, jadi informasinya Dirut menyampaikan be smart di beberapa negara terkait penyelenggaran JKN, itu yang mungkin sempat tersebar dan dipelintirkan, nyatanya saat ini masih tercover," sampai Syafrudin kepada RMOL Bengkulu, Senin (11/12/2017).

Dijelaskan Safrudin, dalam penyampaian Dirut BPJS Kesehatan ke sejumlah negara menyebutkan, terdapat 8 penyakit Katastropik yang menyerap anggaran kesehatan sangat besar diantaranya penyakit jantung, kanker, gagal ginjal, stroke, thalasemia, sirosis hati, leukimia, dan hemofilia, hanya saja informasi tersebut disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Jika 8 penyakit Katasropik itu tidak ditanggung BPJS Kesehatan, maka menurutnya akan merugikan masyarakat sendiri. Mengingat masyarakat yang menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS) rutin membayar iuran tiap bulannya.

Dalam upaya meminimalisir penyebaran informasi Hoax itu, BPJS Kesehatan telah menyediakan layanan informasi.

Baik di kantor-kantor cabang BPJS Kesehatan maupun service centre yang dapat diakses melalui Website BPJS Kesehatan, sehingga masyarakat dapat mengetahui informasi seputar layanan JKN KIS.

"Terkait informasi Hoax tersebut, sejauh ini diwilayah kita memang belum ada dampaknya, namun kami tetap sampaikan kemasyarakat bahwa itu tidak benar, saya juga yakin saat ini masyarakat kita sudah pintar memilah-milah informasi yang beredar," tutup Syafrudin. [nat/ard]


Komentar Pembaca
Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

KAMIS, 26 MARET 2020 , 17:46:00