Hujan, Pendaki Bukit Kaba Mulai Sepi

Daerah  SENIN, 04 DESEMBER 2017 , 17:01:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Hujan, Pendaki Bukit Kaba Mulai Sepi

RMOL Bengkulu

RMOL. Curah hujan dan angin kencang terjadi yang melanda Kota Curup, Kabupaten Rejang Lebong dalam sepekan ini ternyata membuat pendakian ke Taman Wisata (TWA) Gunung Kaba sepi.

Hal ini disampaikan, kepala Pusat fulkanologi dan mitigasi bencana geologi Pos pengamatan gunung Api Kaba, Sigit Widianto, saat dikonfirmasi RMOL Bengkulu belum lama ini.

"Yang jelas pendaki sepi. Kalaupun ada, palingan satu atau dua orang saja. Itupun mungkin karena hobi," kata Sigit.

Sigit juga menghimbau, kepada para pengunjung saat mendaki gunung kaba, hendaklah tidak mendekati kawah. Sebab, dilokasi Gunung Kaba sendiri intensitas hujan dan angin pun cukup tinggi.

"Kalau hujan dan angin kencang tidak mempengaruhi aktifitas gunungnya. Melainkan, mempengaruhi genangan air didalam kawah. Sederhananya saat hujan lebat. Maka, akan muncul Low Frekuenasi yakni gempa disebabkan karena air yang menggenang dikawah," tambah Sigit.

Oleh karenanya, apabila ada para pengunjung yang berdatangan. Maka yang diharapkan saat ini adalah untuk tidak mendekati kawah. Sedangkan, untuk gempa vulkanik tidak terjadi peningkatan.

"Kalau gempa Vulkanik normal kadang sehari tidak ada, kadang sehari ada satu atau dua kegempaan dan masih normal," tutup Sigit. [ogi]



Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00