Pulang Dari Singapore, Warga Ujung Tanjung I Mendadak Didatangi Petugas Kesehatan

Daerah  KAMIS, 19 MARET 2020 , 06:37:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Pulang Dari Singapore, Warga Ujung Tanjung I Mendadak Didatangi Petugas Kesehatan

Tampak petugas kesehatan dan rombongan saat mendatangi rumah warga/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong beserta rombongan memantau kondisi kesehatan sejumlah warga yang pulang perjalanan dari luar negeri atau negara yang memiliki riwayat virus Corona.

Salah satunya warga asal Ujung Tanjung I Kecamatan Lebong Sakti, berinisial Am yang juga Tenaga Kerja Indonesia (TKI) selepas pulang dari Singapore, dipantau selama 14 hari.

Pantauan mendadak itu diikuti jajaran Dinkes Lebong, Puskesmas Lemeupit, Camat Lebong Sakti, Gusmawati, dan kades setempat, Rabu (18/3) pagi.

Kadis Kesehatan Lebong, Rachman dikonfirmasi membenarkan hal itu. Ia menyebutkan, Am masih dalam pantauan sekaligus telah dilakukan penyuluhan, sreening, dan self isolasi di rumah Am.

Tak hanya dari luar negeri, warga seketika pulang dari luar Bengkulu seperti Jakarta, Bandung, dan Batam turut juga dalam pantauan.

"Baru pulang dari Singapore. Memang hasil cek bandara, kemarin tidak ada gejala terpapar Covid 14 sehingga ia diganjar sertifikat sehat. Tetapi, pemantauan terus kita lakukan. Kita lihat selama 14 hari bagaimana kondisinya,” terangnya kepada awak media, Rabu (18/3).

Rachman menuturkan, sejauh ini ada sekitar puluhan warga yang tersebar di Talang Leak II, Kelurahan Rimbo Pengadan, Desa Lemeupit, dan Ujung Tanjung I terus dipantau Dinkes sebagai antisipasi dan pencegahan penyebaran Covid 19.

"Semuanya sehabis dari luar negeri dipantau. Itu salah satu bentuk penguatan pengawasan kita di lapangan," jelasnya.

Masih kata Rachman, saat ini pihaknya telah membuka posko darurat virus corona tiap puskesmas. Ia mengimbau, bagi warga ada gejala batuk pilek dan demam sebaiknya berobat dan segera pemeriksaan diri ke fasilitas kesehatan (Faskes) terdekat, supaya terhindar dari terpapar Covid 19.

"Ke dapatkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), lalu galakkan cuci tangan menggunakan hand sanitizer dan sabun cuci. Dan, menggunakan masker jika dibutuhkan,” tandasnya. [tmc]


Komentar Pembaca