Curi Star Di Pilkada 2020, Bengkulu Selatan Terbanyak Pelanggaran

Politik  RABU, 11 MARET 2020 , 19:37:00 WIB | LAPORAN: TRI YULIANTI IMRAN

Curi Star Di Pilkada 2020, Bengkulu Selatan Terbanyak Pelanggaran

Komisioner Bawaslu Provinsi Bengkulu, Fatimah Siregar/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Belum memasuki tahapan kampanye ataupun penetapan pasangan calon kepala daerah (Pilkada) tahun 2020, namun sudah ada sejumlah kandidat mencuri star kampanye.

Sejauh ini, tercatat Kabupaten Bengkulu Selatan menjadi daerah yang paling banyak pelanggaran lantaran memasang alat peraga kampanye (apk) paling banyak dari daerah lainnya di Provinsi Bengkulu. Rabu (11/3).

Penemuan pelanggaran terbanyak ini disampaikan oleh Bawaslu Provinsi Bengkulu melalui Ketua Divisi Pengawasan dan Pelanggaran Pemilu, Fatimah Siregar kepada RMOLBengkulu belum lama ini

Ia menyebutkan bahwa pelanggaran tertinggi saat ini dialami oleh Kabupaten Bengkulu Selatan. Kemudian disusul oleh Kabupaten Seluma.

"Tahapan kampanyekan belum dimulai, tetapi bawaslu provinsi telah mengintruksikan kepada bawaslu kabupaten/kota untuk melakukan penindakan sesuai dengan undang-undang yang ada apabila di temukan spanduk ataupun baliho yang melanggar," kata Fatimah kepada RMOLBengkulu.

Sedangkan untuk penindakan di Bengkulu Selatan sudah dilakukan dan bawaslu Provinsi bengkulu juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah setempat.

"Bengkulu Selatan sudah menyatakan bahwa yang terpasangan itu telah melanggar perda di daerah itu dan kewenangan pemerintah daerah untuk menindaklanjutinya," sambungnya.

Dengan demikian, meski telah ditindaklanjuti, bahwa bawaslu provinsi Bengkulu akan terus melakukan pengawasan. Karena semua yang berkaitan dengan pemilihan bawaslu akan terus melakukan pengawasan.

"Untuk data selalu masuk di bawaslu provinsi, baik tentang apk, ataupun laporan terkait sudah ditindaklanjuti atau belum," tutupnya. [tmc]

Komentar Pembaca