BKKBN Bengkulu Kenalkan Program Banggakencana Tingkat Provinsi Bengkulu

Nusantara  KAMIS, 27 FEBRUARI 2020 , 20:02:00 WIB | LAPORAN: TRI YULIANTI IMRAN

BKKBN Bengkulu Kenalkan Program Banggakencana Tingkat Provinsi Bengkulu

Rakerda Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu

RMOLBengkulu. Dalam rangka percepatan program tahun 2020, Kantor Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu, Kamis pagi (27/2) menggelar rapat kerja daerah (rakerda) di Hotel Mercure Bengkulu.

Rakerda ini mengusung program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (banggakencana) tingkat Provinsi Bengkulu dalam era milenial untuk Bengkulu maju, sejahtera, bermartabat dan berdaya saing tinggi.

Dijelaskan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKKBN Perwakilan Bengkulu, Rusman Efendi, kegiatan ini bertujuan mengevaluasi program-program yang sudah dilaksanakan di tahun sebelumnya, sehingga menjadi acuan tahun ini.

"Berdasarkan hasil evaluasi, kita merencanakan program 2020, yaitu banggakencana untuk mencapai 5 sasaran strategisnya yaitu salah satunya adalah, bagaimana menurunkan angka kelahiran total atau total fertility rate (TFR) yang dimiliki oleh wanita usia subur (WUS) pada usia 15-49 tahun," kata Rusman Efendi, Kamis (27/2) kepada RMOLBengkulu.

Dirinya berharap, dengan adanya program ini TFR bisa menurun mencapai 2,1. Serta dapat meningkatkan peserta Keluarga Berencana (KB) yang aktif.

"Hal ini adalah suatu yang dapat menurunkan TFR, dan yang juga menurunkan orang-orang yang belum terpenuhi dalam pelayanan KB," sambungnya.

Lalu, lanjut Rusman, program ini juga bisa meningkatkan indeks pembangunan keluarga, mencegah pernikahan dini dengan meningkatkan usia pernikahan.

"BKKBN dalam percepatan mencapai program kerjanya itu juga sangat membutuhkan mitra-mitra kerja terkait dan hari ini sudah kita laksanakan Mou bersama dengan mitra kerja," tutup Rusman Efendi.

Untuk diketahui, rangkaian rakerda Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu telah berlangsung sejak tanggal 26 Februari dengan agenda, yakni:

1. Serah terima alih kelola Kampung Keluarga Berencana dari bidang advokasi, pergerakan dan informasi kepada bidang pengendalian penduduk perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu.
2. Penandatanganan kontrak kerja pegawai antara penyuluh KB dengan OPD KB. [tmc]

Komentar Pembaca
China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00