Preman Pasar Panorama Segera Dibersihkan

Pemerintah Kota Bengkulu  KAMIS, 27 FEBRUARI 2020 , 19:14:00 WIB | LAPORAN: AJI FAISAL

Preman Pasar Panorama Segera Dibersihkan

Suasana Rapat Wakil Walikota Bersama Lintas Sekotral Membahas Keamanan Pasar Panorama/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menggelar rapat lanjutan terkait dengan banyaknya aksi premanisme dan pungutan liar di Pasar Panorama.

Rapat lanjutan itu digelar di Kantor Walikota Bengkulu, Kamis (27/02) tersebut dihadiri langsung oleh Kapolda Bengkulu, Irjen Pol Supratman.

Turut hadir Karo Ops, Kapolres Bengkulu AKBP, Pahala Simanjuntak dan Komandan Kodim 0407 serta seluruh Kepala OPD terkait.

Dalam kesempatan tersebut Supratman menegaskan, pihaknya akan membackup penuh Pemkot Bengkulu dalam menata pasar panorama, terutama terkait pengamanan dan masalah pungutan liar.

Kita sudah sepakat bersama, pasar panorama kita tertibkan. Saya minta jangan buang waktu lama-lama. Kalau bisa besok mulai. Tidak ada lagi itu yang namanya preman si A dan preman si B. Kalau ada yang pungut uang keamanan berarti pungli, tangkap,” tegas Supratman.

Supratman juga menyatakan, pedagang yang memberi uang kepada preman di pasar juga akan ditangkap. Oleh karena itu, ia minta agar seluruh pedagang diberikan imbauan agar tidak memberikan uang.

Kasih tahu dengan masyarakat di sana, kalau orang pasar ngasih, mereka juga bisa kena. Kalau nanti terbukti ada yang pungut uang tangkap saja. Nanti tolong ya pak kapolres, bila perlu minta backup dari pak dandim,” kata Supratman.

Bila ada oknum anggota yang terlibat, Supratman pastikan akan ditangkap juga dan ditindak tegas.

 Kalau anggota saya ada yang terlibat saya tidak akan main-main. Pokoknya siapapun yang mungut di sana, itu preman!,” kata Supratman.

Kecuali, sambung Supratman, apabila pungutan itu legal seperti uang kebersihan yang memang ada SPT nya. Namun kalau memang ada retribusi kebersihan ia minta pasar itu betul-betul dibersihkan.

Sementara itu Kapolres Bengkulu AKBP. Pahala Simanjuntak menyatakan siap mengerahkan anggota untuk membantu Pemkot. Bahkan bila kurang personil ia akan minta tambahan kepada Karo Ops sesuai arahan kapolda.

Wawali Dedy Wahyudi sangat senang dan merasa lega setelah mendengar langsung pernyataan tegas dari kapolda. Terima kasih pak kapolda sudah meluangkan waktu di sini untuk membahas persoalan ini. Komitmen kapolda tadi luar biasa. Ini menjadi energi semangat bagi kita semua,” ujar Dedy.

Dikatakan Dedy, ini sebenarnya tugas pemkot tapi karena sudah ada tindakan pidana maka pemkot minta bantuan backup dari kepolisian.

Semoga semuanya berjalan lancar dan pasar kita aman. Besok pagi kita action langsung,” tutup Dedy. [tmc]

Komentar Pembaca