Pemkab Rejang Lebong Kembali Sediakan Umroh Gratis

Daerah  KAMIS, 27 FEBRUARI 2020 , 11:21:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Pemkab Rejang Lebong Kembali Sediakan Umroh Gratis

Herwin Wijaya/ RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Tahun 2020 ini, Pemkab Rejang Lebong kembali akan memberangkatkan sebanyak 100 orang untuk menunaikan ibadah umroh secara gratis.
Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Rejang Lebong, Herwin Wijaya mengatakan, program umroh gratis yang diselenggarakan Pemkab Rejang Lebong kali ini merupakan tahun ke empat.

"Program umroh gratis kali ini merupakan tahun ke empat, mulai tahun 2017 sebanyak 30 orang, tahun 2018 sebanyak 50 orang, tahun 2019 sebanyak 100 orang dan tahun ini kuotanya 100 orang," kata Herwin kepada RMOLBengkulu.

Anggaran yang disiapkan untuk program umroh gratis itu disebutkan dia dianggarkan dari dana hibah yang bersumber dari APBD 2020 senilai Rp 2,8 miliar.

Kegiatan itu sendiri dilaksanakan oleh pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Rejang Lebong, sehingga proses pemberangkatan termasuk seleksi calon jemaah dilakukan MUI.

"Sejauh ini sudah masuk tahap pemberkasan, selanjutnya diserahkan ke MUI untuk melakukan proses seleksi, diperkirakan awal april sebelum Ramadhan para peserta diberangkatkan," bebernya.

Untuk peserta umroh gratis itu ditambahkan dia, berasal dari sejumlah kalangan masyarakat yang berprestasi di 15 kecamatan seperti perangkat agama, penghafal Al-Quran, guru, hingga masyakakat yang berperstasi dimasyarakat maupun ditingkat nasional.

"Kuota untuk 15 kecamatan sebanyak 75 orang, dimana masing-masing kecamatan 5 orang, sisanya merupakan masyarakat yang berprestasi dari berbagai bidang," pungkasnya. [ogi]


Komentar Pembaca