Pemilihan BPD Desa Tanjung Aur Berjalan Dengan Sukses

Daerah  RABU, 26 FEBRUARI 2020 , 19:24:00 WIB | LAPORAN: SANDRI

Pemilihan BPD Desa Tanjung Aur Berjalan Dengan Sukses

Waktu peserta mengikuti undian/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Desa Tanjung Aur, Kecamatan Pino, Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) menggelar pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD)
Periode 2020-2026, Rabu (26/02).

Pada pesta demokrasi yang diikuti calon BPD sebanyak 21 orang itu, di dominasi dimenangkan oleh kaum perempuan, dari 5 BPD yang terpilih satu diantaranya laki-laki.

"Alhamdulillah pemilihan BPD sudah terlaksana dengan baik, dipemilihan ini perempuan yang paling banyak memenangkan perolehan suara, hanya ada satu laki-laki yang terpilih," kata Marpen kepala desa Tanjung Aur, usai kegiatan tersebut.

Pemilihan yang dilakukan antar kepala dusun (kadun) itu, guna sebagai ada keterwakilan setiap dusun, dan setiap kadun diambil 2 orang sebagai pemenang, sedangkan di jalur khusus atau jalur keterwakilan perempuan di ambil 1 orang.

Selain itu, pada pemilihan tersebut di kadun 2 prolehan suara berjalan imbang, hingga sehabis penghitungan surat, suara keluar angka perolehan suara sama, atas nama Dini Marlena dan Supratman, dengan total suara sama-sama 41, sedangkan yang otomatis terpilih berhasil ngumpulkan suara sebanyak 42.

Karena ada 2 nama yang imbang dan akan diambil 1orang saja, dari hasil kesepakatan kedua calon tersebut mengadakan undian untuk menentukan siapa pemenang, Dan atas undian tersebut nama Dini Marlena keluar sebagai pemenang, disitu la keluarga keduanya saling berpelukan dan meneteskan air mata, namun demikian sebelum pemilihan berlangsung para peserta sepakat jika hal tersebut terjadi akan diadakan undian.

"Jadi sebelum pemilihan sudah ada kesepakatan bersama, bila terjadi ada polling suara yang sama, maka akan di lakukan undian dan sudah disepakati bersama," pungkas Kades.

Berikut nama BPD antar Kadun yang terpilih:
 
Kadun satu, calon peserta sebanyak 6 orang. BPD terpilih, Gustiana, dengan perolehan suara sebanyak 59 dan Barusman perolehan suara sebanyak 45.

Di Kadun dua, jumblah perserta sebanyak 8 orang, di menengkan oleh Jumaini dengan total suara sebanyak, 42 dan Dini Marlena 41.

Sedangkan untuk di jalur khusus keterwakilan perempuan peserta calon sebanyak 7 orang, , di menangkan oleh Wiwit Nursiah dengan perolehan suara sebanyak 50. [ogi]

Komentar Pembaca