Geliat JMSI Menuju Kongres Riau

Nusantara  SELASA, 25 FEBRUARI 2020 , 20:21:00 WIB | OLEH: REDAKSI

Geliat JMSI Menuju Kongres Riau
RMOLBengkulu. Pasca dideklarasikannya Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) oleh para pemilik media siber dari 21 provinsi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu, 8 Februari 2020 lalu, JMSI terus menunjukkan geliatnya. Tak hanya mengibatkan bendera JMSI dengan terbentuknya kepengurusan di tingkat daerah, JMSI juga hadir dalam misi-misi sosial dan menegaskan keberpihakannya terhadap profesi wartawan.

Sebagaimana yang dilakukan JMSI Riau saat menggalang dana untuk biaya pengobatan Maysarah, putri salah seorang wartawan senior, Muhammad Yasir, yang menderita Kelenjar Getah Bening dan dirawat di salah satu rumah sakit swasta di Pekanbaru, Riau.

Muhammad Yasir pun mengaku terharu dan mengucapkan terima kasih atas perhatian tersebut.

"Kami doakan mudah-mudahan dapat limpahan dari Allah SWT. Kami ucapkan banyak terima kasih kepada pengurus JMSI Riau yang telah meringankan dan membantu pengobatan anak kami, Maysarah," tuturnya.

Sementara di Aceh, JMSI menyoroti kasus yang mendera wartawan LKBN Antara Dedi Iskandar. Di mana Dedi telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Aceh Barat, sementara Dedi merupakan korban pengeroyokan para oknum. Upayanya untuk membela diri justru menjadikannya sebagai tersangka pelaku penganiayaan.

Dalam kasus ini, Plt Ketua JMSI Aceh Hendro Saky tegas meminta Kapolda Aceh mencabut status tersangka Dedi dengan mengeluarkan SP3 dan mengambil alih kasus kekerasan terhadap wartawan di Aceh Barat.

Kami berpikir, Polres Aceh Barat tidak kredibel dalam menangani kasus kekerasan wartawan di sana. Dan Polda Aceh harus ambil alih kasus tersebut,” tegas Hendro.

JMSI Banten Terbentuk


Di sisi lain, JMSI semakin mengepakkan sayapnya di tingkat daerah. Terbaru, kepengurusan JMSI Provinsi Banten resmi terbentuk oleh belasan pemilik media siber, di Kawasan BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Senin, 24 Februari 2020.

Dengan komposisi, Dede Zaki Mubarok dari RMOL Banten sebagai Plt Ketua, Wahyu Riadi dari Banten Satu sebagai Plt Wakil Ketua I, Isitqomat dari Digdaya sebagai Wakil Ketua II dan Wakil Ketua III Imam Tatowi dari Patron.

Selanjutnya, Sekretaris dipegang Rizki Ahmad Suhaedi dari Naluri, dibantu Wakil Sekretaris Abdul Munji dari Diksi News, dan Bendahara Iwan Triana dari Palapa New. Sebagai Dewan Penasihat adalah Rizal Maulana Malik dari Indo Politika dan Teguh Wisnu dari Banten Now.

JMSI Banten juga melengkapi struktur kepengurusan di berbagai bidang, yakni Bidang Pengembangan Usaha oleh Bubung dari Serpong Update dan Putra juga dari Indo Politika. Bidang Advokasi dan Hukum Sudin Ankoro dari Tangerang Corner dan Bidang Organisasi Yusup Warta Tangsel serta dan Slamet Oase Indonesia News.

Berikut media siber di Banteng yang bergabung ke JMSI selengkapnya: Rmolbanten.com, indopolitika.com, bantensatu.co, palapanews.id, serpongupdate.com, tangerangcorner.com, patron.id, diksinews.co.id, digdaya.id, beritasatu.co, bantennow.com, oaseindonesia.com, naluri.id, wartatangsel.co dan harianbanten.co.id.

Disampaikan Dede Zaki, JMSI Banten terbentuk dari perjuangan pimpinan media yang ingin maju dan berkembang dalam satu visi memajukan media siber di Banten.

"JMSI hadir untuk kemajuan bersama media siber yang ada di Banten. Untuk itu kepengurusan JMSI Banten ini harus solid," ujarnya.

"Karena dengan soliditas marwah JMSI akan terus berkibar," sambungnya.

Dia juga menegaskan bahwa JMSI merupakan wadah organisasi profesional dan kredible.

"Kita akan majukan JMSI Banten untuk membangun iklim media di Banten yang sehat dan dinamis," pungkasnya.

Kongres Perdana JMSI di Riau

Riau dipercaya sebagai tuan rumah Kongres Nasional JMSI yang dijadwalkan pada minggu ketiga Juni 2020. Kongres ini direncanakan dibuka langsung Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. Demikian diungkapkan Plt Ketua JMSI Riau Dheni Kurnia belum lama ini.

Selain itu, kata Dheni, dalam Kongres Nasional JMSI juga akan dihadiri Ketua PWI dan Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat, Gubernur Riau, dan sejumlah tamu penting lainnya. Karenanya ia berharap Kongres nanti berjalan dengan lancar dan sukses.

Terpisah, Plt Ketum JMSI Mahmud Marhaba mengapresiasi kerja keras Pengurus JMSI Riau yang telah mengambil langkah strategis untuk membentuk Panitia Kongres JMSI I di Bumi Lancang Kuning ini.

"Ini akan menjadi sebuah tongkak sejarah atas berdirinya organisasi perusahan pers di Indoensia,” ujarnya. [ogi/jmsi]



Komentar Pembaca