Kawal Pilkada, Bawaslu BS Gandeng OKP Dan Ormawa

Daerah  SELASA, 25 FEBRUARI 2020 , 18:37:00 WIB | LAPORAN: SANDRI

Kawal Pilkada, Bawaslu BS Gandeng OKP Dan Ormawa

Poto bersama usai Ngopi/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) menggelar kegiatan Ngobrol Pilkada (Ngopi) bersama Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Organisasi Mahasiswa (Ormawa), Selasa (25/02).

Kegiatan yang bertujuan untuk mensinergikan peran serta masyarakat, khususnya di kalangan pemuda dan mahasiswa untuk bersama-sama mengawal proses pemilihan kepala daerah (pilkada) hingga berjalan aman dan lancar.

Kegiatan yang di hadiri lansung Azes Digusti ketua Bawaslu BS, OKP dan Ormawa seperti Pemuda Muhammadiyah, Gerakan Pemuda Ansor, Komunitas Pemuda dan Pelajar Islam (Koppi) Gema BS, serta Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Dema STIT.

Pada kesempatan tersebut Ketua Bawaslu Bengkulu Selatan, Azes Digusti mengajak Organisasi Kepemudaan dan Mahasiswa untuk bersama mengawasi jalannya Pilkada untuk menciptakan Pilkada yang berkualitas.

"Kalau hanya mengandalkan tenaga dari internal Bawaslu sangat terbatas, Panwas Desa hanya satu per desa, Panwascam hanya ada tiga orang per kecamatan, artinya sangat terbatas. Sehingga peran kawan-kawan pemuda dan mahasiswa sangat penting dalam membantu Bawaslu," kata Azes.

Setelah menggelar kegiatan Ngopi ini, lanjut Azes, pihaknya akan menjalin kerjasama (MOU) antara Organisasi Kepemudaan dan Mahasiswa dengan Bawaslu dalam pengawasan Pilkada.

"Untuk bersama-sama mengawal Pilkada nanti MOU akan kita jalin, dan Semoga saja MOU ini cepat terwujud," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Apdian Utama berharap, setelah pelaksanaan kegiatan ini, Oramawa dan OKP bersama-sama akan membahas program kegiatan yang akan dilalaksanakan bersama Bawaslu.

"Tadi Ketua Bawaslu minta OKP dan Ormawa merancang format kegiatan, misalnya Desa Binaan Pengawasan Pemilu atau bisa kegiatan sambang sekolah dan sosialisasi ke masyarakat untuk mewujudkan pilkada berkualitas. Tapi formatnya nanti akan didiskusikan di forum yang lain," pungkasnya. [ogi]


Komentar Pembaca
China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00