Dinkes Antisipasi Virus Corona

Daerah  SELASA, 25 FEBRUARI 2020 , 07:47:00 WIB | LAPORAN: RISNA JULIYANA HUTASOIT

Dinkes Antisipasi Virus Corona

Dinkes Kabupaten Mukomuko didampingi pihak RSUD saat konferensi pers antisipasi virus corona

RMOLBengkulu. Terkait adanya penyebaran virus Corona yang sudah menyebar di beberapa Negera, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia terus melakukan pengawasan terkait penyebarannya di Indonesia.
 
Namun, berdasarkan hal tersebut, hingga saat ini belum ada masyarakat Indonesia yang terserang virus Corona, bahkan ciri-ciri khusus penderita virus Corona pun belum ada.

Untuk ciri-ciri yang terkena virus Corona, yaitu ditandai dengan demam, sesak nafas, batuk dan pilek. Karena penyebaran virus tersebut melalui udara.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Desriani saat Konferensi Pers bersama dengan awak media di stand pameran pembangunan pada Senin (24/02) siang.

Menurutnya, Dinkes sudah melakukan antisipasi berdasarkan arahan dari Pemerintah pusat.
 
Pemerintah melalui Dinas Kesehatan sudah melakukan pemeriksaan kepada warga yang datang dari luar negeri dan sampai saat ini tidak ada masyarakat Indonesia yang terkena virus Corona. Pemerintah juga selalu berkoordinasi dengan pihak Penerbangan dan Pelabuhan untuk bisa di lakukan pemeriksaan keluar dari armada pesawat maupun kapal,” jelas Desriani.
 
Desriani juga menyatakan, sebagai bentuk kesiapan pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona sudah menyiapkan 100 Rumah Sakit rujukan yang dipastikan bisa menangani penyakit tersebut.

Untuk Provinsi Bengkulu sendiri, M.Yunus ditunjuk sebagai RS rujukan pengobatan jika nantinya ada warga yang diduga terjangkit Virus Corona.

"Kita terus mengantisipasi dengan cara selalu mensosialisasikan kepada masyarakat gerak hidup sehat di masyarakat, dan jika ada masyarakat yang mengalami gejala yang mengarah kepada virus corona agar segera memeriksakan diri ke pusat kesehatan," pesan Desriani.
 
Tak hanya itu, pihak Rumah Sakit Umum Daerah melalui Kepala Bidang Pelayanan Medis, Harnovi menyampaikan, pihaknya juga selalu menyosialisasikan kepada masyarakat untuk hidup sehat dan bersih.

Ditambahkannya, untuk penanganan pasien yang gawat dan penularannya cepat dan serius RS sudah memiliki standar atau SOP dalam penindakan.

"Rumah sakit kita sudah memiliki standar dalam penanganan pasien yang  gawat ataiu serius, tentunya kita juga sudah dilengkapi dengan alat dan ruang isolasi bagi pasien," ujar Harnovi.

Harnovi menambahkan, tenaga medis yang ada di RS selalu siaga jika ada indikasi yang terkena virus corona pencegahan dan penanganan sudah disiapkan dan standar penanganannya sudah ada. [tmc]

Komentar Pembaca
China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00