Khawatir Bahaya Penyakit, TPS Kebun Dahri Akan Ditutup

Pemerintah Kota Bengkulu  SENIN, 24 FEBRUARI 2020 , 20:24:00 WIB | LAPORAN: AJI FAISAL

Khawatir Bahaya Penyakit, TPS Kebun Dahri Akan Ditutup

Suasana Hearing Komisi II DPRD Kota Bersama Warga Kelurahan Kebun Dahri/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menggelar audiensi bersama beberapa warga Kelurahan Kebun Dahri, Kecamatan Ratu Samban Kota Bengkulu, Senin (24/02).

Audiensi tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil peninjauan anggota dewan beberapa waktu lalu ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Kelurahan Kebun Dahri. Dalam kesempatan tersebut Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kebun Dahri, Rahmat mengaku bahwa masyarakat mengeluhkan lokasi TPS yang berada di permukiman warga akan berdampak buruk bagi kesehatan.

"Untuk sementara ini TPS sudah tidak difungsikan lagi. Masyarakat selama ini mengeluhkan karena lokasi TPS ini di permukiman padat penduduk. Kalau dibiarkan begini, maka takutnya akan membawa bibit penyakit," katanya kepada awak media usai audiensi di Kantor DPRD Kota.

Sementara itu Ketua Komisi II DPRD Kota, Indra Sukma menyebut bahwa pihaknya setuju jika TPS tersebut dialih fungsikan sehingga membuat masyarakat yang tinggal di sekitar menjadi nyaman.

"Jadi setelah ada pembicaraan tadi, kita merekomendasikan bahwa TPS ini dialih fungsikan saja. Karena memang kondisinya ini sangat tidak layak, selain tempatnya ditengah permukiman warga, banyak warga yang tidak tinggal di Kelurahan tersebut ikut membuang sampah disana," jelasnya.

Ia pun berharap permasalahan sampah di Kota Bengkulu dapat teratasi. Selain kerjasama masyarakat, penanganan sampah di Kelurahan Kebun Dahri akan menjadi tanggungjawab LPM.

"Jadi mungkin teknis pengelolaan sampah ini tanggungjawab LPM. Nanti warga akan ditarik iuran agar sampah ini langsung diangkut ke Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) sampah. Dengan begini insyaallah permasalahan sampah di tempat tersebut akan bisa diatasi," tutupnya. [ogi]


Komentar Pembaca