Baru 71 Kepsek Bersertifikat

Pendidikan  SENIN, 24 FEBRUARI 2020 , 19:49:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Baru 71 Kepsek Bersertifikat

Heri Arianto/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Keberadaan kepala sekolah (kepsek) memiliki peranan penting dalam meningkatkan mutu sekolah. Sehingga dibutuhkan kepsek yang memiliki kompetensi yang memadai.

Salah satu bukti kelayakan kepsek dengan dimikili sertifikat. Sementara di Kabupaten Lebong, jumlah kepsek yang memiliki sertifikat baru 71 orang.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lebong, Guntur melalui Kabid Pembinaan dan Pendidikan, Heri Arianto, mengakui jika tidak secara keseluruhan kepsek di Bumi Swarang Patang Stumang memiliki sertifikat.

Dari 112 kepsek yang berada di bawah naungan Dinas Dikbud, yang sudah mengantongi sertifikat sebanyak 71 orang. Inilah yang kemudian akan ditingkatkan kapasitasnya.

"Jadi dari total 88 SD dan 24 SMP di Lebong, baru 71 yang bersertifikat," ujar Heri ketika dikonfirmasi awak media, Senin (24/2) siang.

Bahkan pada tahun ini, pihaknya kembali akan memfasilitasi pelatihan sertifikat bagi kepsek yang belum memiliki sertifikat.

"Rencananya tahun ini kwan-kawan kepala sekalah yang belum," lanjut dia menambahkan.

Dikatakannya, kepala sekolah memiliki tantangan yang besar. Karena setiap kepala sekolah memegang dua peran, yakni sebagai pendidik dan manajer pada satuan pendidikan.

"Untuk itu amanah yang diemban harus dapat dilaksanakan dengan baik, untuk memenuhi segala kebutuhan sekolah yang dipimpinnya," tuturnya. [tmc]



Komentar Pembaca