Hingga Hari Terakhir, Satu Pasangan Ini Gagal Lolos Jalur Independen

Daerah  SENIN, 24 FEBRUARI 2020 , 08:36:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Hingga Hari Terakhir, Satu Pasangan Ini Gagal Lolos Jalur Independen

Ahmad Frantagore didampingi satu orang saat tiba di KPU Lebong, pukul 23.30 WIB/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong menunggu keseriusan bakal calon kepala daerah dari jalur independen untuk menyerahkan berkas syarat dukungan, yang dimulai Rabu (19/2) hingga Minggu (23/2) kemarin.

Sejauh ini, baru bakal pasangan calon Armansyah Mursalin dan Masropen Iriadi yang mengunci data dukungan yang dimasukkan dalam aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Sedangkan, satu untuk bakal pasangan calon Ahmad Frantagore dan Khairil Amran telah memandatkan LO (penghubung) dan operatornya untuk mendapatkan akun pada Aplikasi Silon, gagal melenggang ke jalur perseorangan dalam kontestasi tersebut.

Hal itu dipastikan setelah keduanya gagal memenuhi target jumlah KTP sebagai bentuk dukungan warga. Sekaligus tidak lengkap berkas dokumen.

Pantauan di lapangan, Ahmad Frantagore tiba di KPU Lebong, pukul 23.30 WIB. Kedatangannya hanya didampingi dua orang tanpa Khairil Amran.

Sebagai informasi, total dukungan pasangan ini dalam aplikasi silon mencapai 5.454 dukungan. Jumlah ini terpaut agak jauh dari target 7.723 dukungan.

Ketua KPU Lebong, Shalahuddin Al Khidhr melalui Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KPU Lebong, Yoki Setiawan mengatakan, dalam pilkada tahun ini ada dua pasangan yang berniat maju melalui jalur perseorangan.

Niatan ini bisa dilihat dari proses penyerahan suara mandat untuk mendapatkan username dan password untuk mengisi data dukungan di aplikasi Silon.

Hanya saja, dari kedua pasangan yang berniat maju dari jalur independen, hingga pukul 19.00 WIB baru satu pasangan yang mengunci bukti dukungan di aplikasi Silon.

"Kami akan tunggu sampai pukul 24.00 WIB. Belum ado konfirmasi dari LO nya," ucapnya tadi malam, pukul 19.05 WIB.

Seperti diketahui, hari Minggu (23/2) adalah hari terakhir semenjak penyerahan dokumen dukungan pasangan bakal calon perseorangan dibuka tanggal 19 Februari 2020 lalu.

Paslon dari perseorangan harus menyerahkan formulir dukungan minimal 7.723 lembar. Formulir dukungan itu harus disertai dengan surat pernyataan dukungan yang ditempel foto copy KTP atau surat keterangan dari Dukcapil, sekaligus minimal tersebar di tujuh kecamatan.

"Hari ini memang terakhir penyerahan berkas untuk bacalon yang ingin maju jalur independen. Yang jelas, kami akan tetap menunggu hingga pukul 24.00 WIB nanti," tuturnya. [tmc]
.

Komentar Pembaca