Usai Rakor Sensus Di Kecamatan, BPS Harap Peran Camat Hingga Kades

Daerah  SENIN, 24 FEBRUARI 2020 , 08:14:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Usai Rakor Sensus Di Kecamatan, BPS Harap Peran Camat Hingga Kades

Rakor sensus penduduk di Kecamatan Pinang Belapis/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lebong menggelar rapat koordinasi Sensus Penduduk (SP) 2020 di seluruh Kecamatan di wilayah Lebong.Rakor tersebut sudah berlangsung dari tanggal 17 hingga 22 Februari 2020 kemarin.

Rapat ini bertujuan membangun koordinasi pelaksanaan Sensus Penduduk sehingga seluruh camat, lurah dan kades memahami peranan masing masing dalam pelaksanaan SP 2020 baik teknis maupun tanggung jawabnya.

Kepala BPS Kabupaten Lebong, Sriwiyana Teguh Ananto berharap usai rakor tersebut camat, lurah hingga kades dapat mengajak warganya untuk mendukung serta menyukseskan sensus penduduk 2020 ini.

"Sensus dilakukan dua periode diantaranya Sensus secara Online dan periode verifikasi & pencacahan lapangan. Untuk itu diharapkan camat, lurah dan kades mendukung didalam mensosialisasikan di kalangan masyarakatnya sendiri dalam mensukseskan Sensus Penduduk tahun 2020 ini," ujarnya, kemarin (22/2) usai Rakor di Kecamatan Pinang Belapis.

Menurutnya, hasil sensus penduduk nantinya dijadikan dasar rumusan kebijakan pemerintah untuk perencanaan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Dengan mengetahui jumlah penduduk di suatu wilayah berdasarkan jenis kelamin, kelompok umur, dan tingkat pendidikan, sehingga nantinya bisa memperoleh gambaran kebutuhan suatu wilayah.

"Pelaksanaan sensus ini sangat membutuhkan keterlibatan semua pihak terutama pemerintah wilayah administrasi terkecil yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” ungkapnya.

Dia pun mengajak, masyarakat agar mendukung sensus penduduk secara pribadi melalui gadget atau ponsel. Sebab, data kependudukan amat penting sebagai acuan perencanaan pembangunan.

"Oleh karena itu momentum rakor ini amat penting digunakan sebagai wahana untuk membantu pemerintah terkait dengan sensus penduduk 2020," tuturnya. [tmc]



Komentar Pembaca