Wonderfull Bengkulu 2020 Hanya Sebatas Jargon

Daerah  MINGGU, 23 FEBRUARI 2020 , 19:48:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Wonderfull Bengkulu 2020 Hanya Sebatas Jargon

Tampak ruas jalan provinsi di Desa Air Putih rusak parah/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Sepertinya geliat program Wonderfull Bengkulu 2020 hanya sebatas ucapan belaka. Sebab, ruas jalan sepanjang Desa Bioa Putiak menuju Tambang Saweak, Kecamatan Pinang Belapis, mengalami rusak parah.

Padahal, ruas jalan tersebut salah satu akses yang digunakan wisatawan untuk menuju lokasi objek wisata Air Putih di Kabupaten Lebong.

Pantauan RMOLBengkulu di lapangan, ditemukan ada sekitar ratusan kubangan besar. Sehingga pengendara roda dua maupun roda empat harus berhati-hati.

Menurut keterangan salah satu pengunjung, Trisno Saputra (25), bahwa belum ada pemeliharaan atau perbaikan jalan yang dilakukan pemerintah selama dirinya berkunjung ke objek wisata Air Putih.

"Karena ada beberapa lubang besar di jalan, jadi resikonya besar. Apalagi resikonya, sering kali terjadi kecelakaan. Bahkan motor bisa rusak seperti ban bocor,” ucapnya, Minggu (23/2) sore.

Dia berharap pemerintah dapat memperhatikan jalan tersebut. Apalagi, salah satu akses menuju objek wisata. "Seharusnya rute ini jadi perhatian pemerintah, apalagi area wisata Air Putih, menjadi salah satu objek wisata yang diminati," katanya.

Terpisah, Plt Kadis PUPR-P Lebong, Joni Prawinata melalui Kabid Bina Marga Haris Santoso menegaskan, bahwa ruas jalan tersebut merupakan kewenangan Provinsi Bengkulu.

"Untuk ruas jalan dari Desa Air Putih hingga Desa Tambang Saweak Kecamatan Pinang Belapis itu kewenangan Provinsi,” urainya.

Dia mengaku banyak masyarakat desa mengeluhkan kondisi ruas jalan tersebut. Namun, Pemkab Lebong tidak memiliki anggarannya. "Karena itu kewenangan provinsi, jadi kita tidak bisa berbuat apa-apa,” lanjutnya menambahkan.

Bahkan, kata dia, penimbunan ruas jalan tersebut dikerjakan pihaknya. Padahal perawatan dan pemeliharaan jalan bukan kewenangan Kabupaten.

"Karena kita juga yang melewati. Dan masyarakat desa tidak tahu soal kewenangan jalan itu. Mau tidak mau, kita yang memperbaikinya,” pungkasnya. [tmc]


Komentar Pembaca
China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00