Komisi II DPRD Dorong Fungsikan BBI

Daerah  MINGGU, 23 FEBRUARI 2020 , 12:02:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Komisi II DPRD Dorong Fungsikan BBI

Putra Mas Wigoro/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Terkait adanya aset daerah berupa Balai Benih Ikan (BBI) Desa Belumai I yang terbangkalai, DPRD Rejang Lebong meminta agar BBI tersebut dapat kembali difungsikan.

Anggota Komisi II DPRD Rejang Lebong yang membawahi bidang pertanian, Putra Mas Wigoro mengatakan, pihaknya mendukung upaya Bupati Rejang Lebong yang akan menempatkan kembali Kepala UPTD BBI Belumai I agar BBI tersebut kembali beroperasi.

"BBI ini kan aset daerah yang bagus, sayang kalau tidak difungsikan, untuk itu kami berharap BBI itu dapat dioperasikan kembali," ujar Putra kepada RMOLBengkulu, Minggu (22/2).

Menurut dia, keberadaan BBI tersebut penting untuk menunjang kebutuhan benih ikan didaerah itu, apalagi dari informasi yang mereka terima, benih ikan yang dibutuhkan kalangan pembudidaya ikan didaerah itu masih didatangkan dari luar daerah, seperti dari Sumatera Selatan.

Sehingga apabila seluruh BBI berproduksi tidak menutup kemungkinan pasokan benih ikan di Rejang Lebong dapat terpenuhi tanpa didatangkan dari luar.

"Jika semua BBI berproduksi tidak menutup kemungkinan pasokan ikan kita terpenuhi, dengan begitu petani kita juga terbantu, tidak lagi jauh-jauh beli keluar daerah," ujar Politisi Partai Perindo tersebut.

Dia menambahkan, jika BBI itu tidak beroperasi karena adanya kerusakan atau lainnya dapat dibenahi, mengingat BBI itu milik aset daerah yang juga bisa menambah PAD.

Sebelumnya, dalam kunjungannya ke Desa Belumai I, Bupati Rejang Lebong, Ahmad Hijazi mendapati BBI diwilayah itu terbangkali tak difungsikan, dimana sejumlah kolam ikan nampak kering dan disekitar bangunan dipenuhi semak belukar. [tmc]

Komentar Pembaca