Bermodal 9.546 Dukungan, Satu Balon Ini Mantapkan Maju Jalur Perseorangan

Daerah  JUM'AT, 21 FEBRUARI 2020 , 17:21:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Bermodal 9.546 Dukungan, Satu Balon Ini Mantapkan Maju Jalur Perseorangan

Penyerahan berkas oleh pasangan Armansyah-Masropen/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Lebong dari jalur perseorangan, Armansyah Mursalin dan Masropen Iriadi, menyerahkan syarat dukungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebong.

Kedua pasangan ini merupakan pasangan jalur perseorangan pertama yang menyerahkan syarat dukungan, sejak dibuka Rabu (19/2) lalu.

Pendaftaran Armansyah-Masropen dibuktikan dengan menyerahkan surat dukungan dari 9.546 lebih warga ke KPU Lebong, Jum'at (21/2) siang.

Hadir dalam penerimaan berkas itu, yakni Ketua KPU Lebong, Shalahuddin Al Khidhr beserta empat komisioner lainnya, yakni Yoki Setiawan, Devi Irawan, Yayan Hardian, dan Effan Lavendes.

Hadir pula Ketua Bawaslu Lebong, Jefriyanto beserta dua anggota Melky Agustian, dan Sabdi Destian hingga pendukung bakal pasangan calon Armansyah dan Masropen.

Ketua KPU Kabupaten Lebong, Shalahuddin Al Khidhr mengatakan, penyerahan syarat dukungan jalur perseorangan Pilkada Serentak 2020 dilangsungkan pada 19-23 Februari.

"Ini hari ketiga jadwal penyerahan dukungan pasangan calon dari jalur independen. Sejauh ini baru satu bakal calon menyerahkan berkas," kata Khidhr sapaan akrabnya, Jum'at (21/2) sore.

Syarat dukungan itu nantinya akan diverifikasi oleh petugas KPU Lebong. Sebelum itu, pihaknya terlebih dahulu akan menghitung jumlah kesesuaian dengan syarat bakal calon.

"Sesuai laporan rekan-rekan operator hingga pukul 17.02 WIB, berkas surat dukungan untuk pasangan ini masih dalam proses penghitungan kesesuaian jumlah syarat minimal syarat calon perseorangan," jelasnya.

Menurutnya, apabila berkas diterima maka tahapan selanjutnya adalah verifikasi administrasi. Sekaligus nantinya, KPU akan turun ke lapangan untuk verifikasi faktual. Pada tahapan itu, KPU akan memastikan apakah syarat dukungan tersebut tidak ada yang ganda.

"Apabila saat penghitungan memenuhi syarat untuk diterima. Maka tahapan selanjutnya masuk ke tahap verifikasi administrasi," ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, penyerahan berkas bakal calon yang ingin menempuh independen akan berlangsung hingga 23 Februari 2020.

Apalagi sebelumnya satu pasangan bakal calon, yaitu Ahmad Frantagore dan Khairil Amran telah memandatkan LO (penghubung) dan operatornya untuk mendapatkan akun pada Aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

"Jadi, kita mempersilahkan siapapun masyarakat yang merasa memiliki kemampuan dan kompetensi untuk mencalonkan diri dari jalur perseorangan," demikian Khidhr. [tmc]

Komentar Pembaca
China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00