Naik Status Jadi UPTD, Target PAD Akan Bertambah

Daerah  KAMIS, 20 FEBRUARI 2020 , 14:46:00 WIB | LAPORAN: RISNA JULIYANA HUTASOIT

Naik Status Jadi UPTD, Target PAD Akan Bertambah

Kadis DKP, Edy Apriyanto

RMOLBengkulu. Balai Benih Ikan (BBI) yang berada di wilayah Kecamatan Lubuk Pinang tepatnya di Belakang Kantor Kecamatan Lubuk Pinang pada tahun ini naik status menjadi Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD).

Dijelaskan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko, Eddy Aprianto bahwa perubahan status Balai Benih Ikan (BBI) menjadi Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) mulai januari 2020 ini.

"Alhamdulillah setelah melalui proses yang cukup panjang. Akhirnya pada  bulan Januari tahun ini BBI naik status menjadi UPTD," kata Edy.

Ia berharap, dengan adanya peningkatan status BBI menjadi UPTD pembibitan perikanan nantinya ada pendapatan asli daerah (PAD) yang bersumber dari sektor perikanan di Kabupaten Mukomuko ini.

Selama ini bibit ikan yang ada di BBI daerah ini diberikan gratis kepada kelompok pembudidaya ikan yang ada di daerah ini. Dengan status menjadi UPTD, maka pihak UPTD sudah bisa membuka usaha penjualan bibit ikan maupun induk ikan kepada pokdakan dan masyarakat setempat. Dan kedepannya bisa menjadi PAD,"harapnya.

Ditambahkan Eddy, jenis-jenis ikan yang akan dibudidayakan oleh UPTD ini nantinya tidak jauh dengan yang kemarin seperti bibit ikan emas, nila, lele dan patin.

"Kalau jenis bibit nya masih kaya yang  BBI kemarin. Kita harapkan dengan kenaikan status menjadi UPTD para pegawai yang ada disana lebih semangat dalam bekerja,"demikian Eddy. [ogi]


Komentar Pembaca