Dana Pembebasan Lahan Tiga Puskesmas Capai Rp 1,2 Miliar

Nusantara  KAMIS, 20 FEBRUARI 2020 , 08:08:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Dana Pembebasan Lahan Tiga Puskesmas Capai Rp 1,2 Miliar

Yulizar/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Tahun 2020 ini Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Lebong, akan melakukan pembebasan tiga lahan sesuai Standar Biaya Umum (SBU) di tiga Kecamatan yang ada di Kabupaten Lebong.

Kepastian pembebasan lahan diperkuat dengan anggaran yang sudah dilontarkan berkisar Rp 1,2 Miliar dalam APBD Tahun Anggararan (TA) 2020.

Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Lebong, Yulizar mengatakan, peruntukkan ketiga titik lahan itu, di antaranya untuk pembangunan Puskesmas di Kecamatan Rimbo Pengadang, Uram Jaya, dan Kecamatan Lebong Tengah.

"Semua lahan itu statusnya masih kepemilikan masyarakat. Tahun ini rencananya akan dibebaskan dengan anggaran yang sudah disiapkan sebanyak Rp 1,2 Miliar," ujar Yulizar, Rabu (19/2) di ruang kerjanya.

Untuk nilainya sendiri, kata Yulizar berdasarkan SBU hasul kajian Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) Bengkulu tahun 2019 lalu.

"Dari rekomendasi itulah diketahui acuan berapa nilai lahan masing-masing," sambungnya.

Selanjutnya, pihak Dinas Perkim sendiri akan melakukan negosiasi dengan pemilik lahan. Namun, dipastikannya harga akan mengacu rekomendasi tim KJPP Bengkulu. "Sekarang tinggal negosisasi dengan pemilik lahan," demikian Yulizar. [tmc]




Komentar Pembaca