Sekolah Di Rejang Lebong Nyatakan Belum Siap Gelar Ujian Sekolah Mandiri

Pendidikan  RABU, 19 FEBRUARI 2020 , 19:18:00 WIB | LAPORAN: RISNA JULIYANA HUTASOIT

Sekolah Di Rejang Lebong Nyatakan Belum Siap Gelar Ujian Sekolah Mandiri

Khirdes Lapendo Pasju/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Sejumlah sekolah di Kabupaten Rejang Lebong menyatakan belum siap untuk menggelar ujian sekolah mandiri yang diterapkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI tahun 2020 ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Rejang Lebong, Khirdes Lapendo Pasju mengungkapkan, berdasarkan hasil rapat bersama masing-masing kepala sekolah dasar (SD) dibawah UPTD Disdikbud wilayah Curup, masing-masing sekolah menyatakan belum ada yang sanggup menggelar ujian sekolah mandiri sesuai program Merdeka Belajar.

"Dari hasil rapat tersebut, masing-masing sekolah menyatakan belum siap dan belum sanggup untuk menggelar ujian mandiri," kata Khirdes ditemui diruang kerjanya, Rabu (19/2).

UPTD Disdikbud wilayah Curup sendiri disebutkan dia membawahi sekolah di 8 dari 15 Kecamatan, meliputi Kecamatan Curup, Curup Utara, Curup Timur, Curup Tengah, Curup Selatan, Bermani Ulu, Bermani Ulu Raya dan Selupu Rejang.

Dibeberkan Khirdes, masing-masing sekolah menyatakan belum siap menggelar ujian sekolah mandiri itu karena pihak sekolah khawatir soal ujian yang dibuat tidak memenuhi standar sesuai ketentuan, terlebih dalam peniliannya harus mengacu standar kurikulum 2013.

Selain itu, pihak sekolah juga disampaikan dia, terkendala jumlah SDM untuk membuat soal ujian, mengingat selama ini diakomodir oleh pihak dinas.

"Program Merdeka Belajar dari Kemendikbud ini cukup baik sebenarnya, soal ujian akhir dibuat sendiri oleh sekolah dengan harapan dipahami oleh siswa itu sendiri, namun sekolah disini belum siap untuk otonom," pungkasnya. [tmc]

Komentar Pembaca
China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00