Wonderfull 2020, Angkutan Umum Harus Punya Legalitas

Nusantara  RABU, 19 FEBRUARI 2020 , 19:15:00 WIB | LAPORAN: TRI YULIANTI IMRAN

Wonderfull 2020, Angkutan Umum Harus Punya Legalitas

Kepala Jasa Raharja, Abdul Haris /RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Dukungan dari berbagai pihak untuk mewujudkan wonderfull 2020 semakin bertambah. Diantaranya adalah dari kalangan usaha angkutan umum.

Hal itu disampaikan di Hotel Mercure Bengkulu dalam acara Focus Grup Disccusion (FGD), yang diselenggarakan perusahaan milik negara yang bergerak di bidang asuransi kecelakaan, dan operasionalisasi usaha atau lebih dikenal Jasa Raharja.

Dijelaskan oleh Kepala Jasa Raharja, Abdul Haris berharap, peran angkutan umum dapat ikut serta dalam mendukung wonderfull Bengkulu 2020.

"Semua stakeholder yang hadir disini dalam rangka mendukung wonderfull 2020 baik operator, pihak regulator,  semuanya kita hadirkan," ujar Abdul Haris, Rabu (19/2) kepada RMOLBengkulu.

Dia menuturkan, FGD ini juga berangkat dari kejadian kecelakan bus Sriwijaya yang beberapa waktu lalu menyita perhatian masyarakat lokal maupun nasional.

Mengingat banyaknya permasalahan-permasalahan transportasi khususnya angkutan umum ini bisa terselesaikan. Baik menyangkut perizinan, maupun kendaraan yang berkeselamatan

"Dari pantauan kita selama ini memang memprihatinkan, terlebih lagi adanya kecelakaan bus dari daerah Bengkulu  dan ini kejadian yang sangat luar biasa. Sehingga banyak sekali masyarakat mempertanyakan hal itu, karena mereka banyak menggunakan angkutan umum yang belum berizin," sambungnya .

Karena banyaknya pertanyaan tersebut, tambah Abdul. Inilah kesempatan bagi Jasa Raharja untuk mempertanyakan persoalan itu.

"Karena jasa raharja tidak bisa memberikan asuransi apabila ada kecelakaan bagi angkutan yang tidak berizin. Dengan forum ini, harapan kita agar yang belum berizin bisa mengurus perizinan-perizinannya sehingga angkutan  ini bisa kita katakan angkutan yang layak, legal dalam beroperasi untuk mengangakut penumpang," ujarnya.

Terkait usulan-usulan yang dilayangkan pihak operator ataupun pihak angkutan umum terkait perizinan dan lain sebagainya, jasa raharja sudah memberikan arahan sudah ada dinas-dinas terkait yang menanganinya baik perhubungan, ditlantas dan lain sebagainya.

"Tugas jasa raharja adalah mensupport agar ini bisa benar-benar bisa berjalan sesuai dengan harapan kita bersama. Terlepas dari itu, tentu kita akan komunikasikan hal ini apabila ada kendala dan kita bisa selesaikan bersama," tutup Abdul Haris.[tmc]


Komentar Pembaca
China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00