Pembangunan Bundaran Hanya Sebatas Wacana

Nusantara  RABU, 19 FEBRUARI 2020 , 19:10:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Pembangunan Bundaran Hanya Sebatas Wacana

Lokasi rencana pembangunan Bundaran/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Rencana pembangunan bundaran di Kelurahan Pasar Muara Aman Kecamatan Lebong Utara Kabupaten Lebong, atau tepatnya di depan Masjid Jamik Al-Azhar, hanya sebatas wacana.

Pembangunan bundaran ini batal lantaran APBD Lebong belum menyanggupi membebaskan lahan sekitar seluas 1.700 meter persegi tersebut.

Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Lebong, Yulizar mengatakan, berdasarkan penilaian Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) Bengkulu, dana pembebasan lahan yang dibutuhkan mencapai Rp 21 Miliar.

"Kami tidak berharap itu (batal pembebasan lahan), tapi karena APBD tidak memungkinkan, ya tidak bisa dibebaskan," ujar Yulizar, Rabu (19/2) siang di ruang kerjanya.

Selain itu, ia beralasan pembatalan pembebasan lahan terpaksa dilakukan untuk memprioritaskan kegiatan lain.

"Namun, karena memang banyak pembangunan yang menjadi prioritas maka belum bisa diakomodir," tambahnya.

Tak hanya itu, defisitnya anggaran Lebong dalam beberapa tahun terakhir ini juga berimbas pada efisiensi sejumlah belanja kegiatan.

"Tahun 2018 lalu anggaran pembebasan lahan bundaran sudah kita usulkan. Tim KJPP sudah suveri ke lokasi. Hasil rekom tim KJPP nilai pembebasan lahan capai Rp 21 Miliar," demikian Yulizar. [tmc]



Komentar Pembaca