Pameran Artefak Rasulullah SAW Bakal Sambangi 18 Kota

Nusantara  RABU, 19 FEBRUARI 2020 , 01:18:00 WIB | OLEH: REDAKSI

Pameran Artefak Rasulullah SAW Bakal Sambangi 18 Kota

Wapres Ma'ruf Amin saat membuka pameran artefak Rasulullah SAW/RMOL

RMOLBengkulu. Kota Serang, Banten terpilih sebagai tempat pertama acara Jelajah Nusantara Pameran Artefak Rasulullah SAW dan Para Sahabat Nabi pada Minggu (16/2) lalu. Acara yang berlangsung di Museum Purbakala Kesultanan Banten, Kasemen, Kota Serang itu dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

Wapres mengapresiasi pameran tersebut. "Acara seperti ini bisa menjadi pembelajaran bagi masyarakat. Agar lebih mengenal Rasulullah dan para sahabat. Dan bisa mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari,” kata Ma’ruf.

Pameran ini menampilkan artefak-artefak yang berasal dari koleksi Galeri Warisan Museum Artefak Rasulullah (Galeri Warisan MAR) milik Abdul Manan Gembong.

Maruf juga mengatakan, pameran artefak ini bisa menjadi pembelajaran bagi generasi muda agar bisa mencontoh suri tauladan dan kepribadian Nabi Muhammad SAW.

"Sehingga, kehidupan berbangsa dan bernegara dapat lebih maju,” ujarnya dilaporkan Kantor Berita Politik RMOL.

Sementara Ketua Panitia Jelajah Nusantara Pameran Artefak Rasulullah Arif Rahmansyah Marbun, mengatakan, Serang menjadi daerah pertama digelar pameran ini.

"Kami akan memamerkan artefak-artefak Rasulullah dan Para Sahabat Nabi ini ke sejumlah daerah. Insya Allah dilaksanakan di 18 kota,” kata Arif.

Panitia sengaja memilih Museum Kesultanan Banten, berada di komplek situs Kesultanan dan Masjid Agung Banten, mengingat kesultanan ini pernah menjadi salah satu pusat kerajaan Islam di nusantara ini.

Makam-makam para sultan Banten dan keluarga yang berdekatan dengan museum menjadi alasan digelar acara ini. Bukan hanya berziarah, wisatawan juga dapat mengunjungi pameran artefak Rasulullah dan para sahabat Nabi. [tmc]




Komentar Pembaca