Jangan Remehkan 'Rio Capella Efek' Di Pilkada Lebong

Politik  SELASA, 18 FEBRUARI 2020 , 18:34:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Jangan Remehkan 'Rio Capella Efek' Di Pilkada Lebong

Patrice Rio Capella/RMOL

RMOLBengkulu. Minggu 12 Januari 2020 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong, resmi melaunching maskot Kan Mas sebagai pertanda dimulainya tahapan Pilkada Lebong 2020 yang akan dilangsungkan pada 23 September mendatang.

Setelah kursi nomor satu di Kantor Bupati Lebong sejak dua periode terakhir diduduki oleh politisi Partai PDIP Rosjonsyah, sejumlah kandidat mulai bersaing mengadu nasib menjadi penggantinya.

Pada pilkada 2015, Rosjonsyah berpasangan dengan Wawan Fernandez. Pasangan ini pada pilkada 9 Desember lalu diusung PDI-P dan Nasdem.

Keluarga besar Patrice Rio Capela saat itu diyakini memiliki pengaruh besar terhadap peta politik di wilayah tersebut.

Di penghujung tahun 2019, dinamika politik jelang Pilkada 2020 di Kabupaten Lebong dikejutkan dengan kabar adik dari Patrice Rio Capella, yakni Wawan Fernandez, maju kembali di hajatan lima tahunan tersebut.

Wakil Bupati (Wabup) Lebong aktif itu digadang-gadang akan berpasangan dengan Ketua DPD PAN Kabupaten Lebong, Kopli Ansori.

Pengamat Politik yang juga Ketua Program Studi Doktor PAI IAIN Bengkulu, Qolbi Khori berpendapat, 'Rio Capella efek' sangat mempengaruhi dalam mendulang suara masyarakat di Bumi Swarang Patang Stumang.

"Kalau soal Pilkada Lebong, pengaruh Rio Capella masih sangat kuat. Rio itu tokoh nasional, pengalamannya matang di dunia politik," kata Qolbi kepada RMOLBengkulu, kemarin (17/2).

Terlebih lagi, kedua politisi itu merupakan anak dari Mantan Walikota Bengkulu, H Achmad Rusli dan berasal dari keluarga terpandang.

Keluarga Rio Capella, dia melanjutkan, berpengalaman membina jaringan dari akar rumput.

"Pengalaman birokrasinya saya kira sudah cukup untuk nomor satu. Tapi lagi-lagi kan persoalannya perahunya tidak kokoh. Jadi, kalau disandingkan dengan Kopli mau tidak mau dia harus nomor dua," lanjut Qolbi menambahkan.

Pasangan potensial Kopli-Wawan ini menunjukan bahwa Dinasti Politik keluarga besar Rio Capella akan diteruskan oleh Wawan Fernandez yang merupakan adik kandungnya.

"Kalau suara partai, tentu saat ini yang paling potensial kopli-wawan. Tapi harus diingat bahwa atmosfir pemilihan legistltif tidak linier dengan pemilukada," tutupnya. [tmc]



Komentar Pembaca
China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00