Vonis Bebas Perkara Narkoba Jadi Perhatian Kajati Bengkulu

Hukum  SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:31:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Vonis Bebas Perkara Narkoba Jadi Perhatian Kajati Bengkulu

Conny Tonggo Masdelima/Ist

RMOLBengkulu. Kepala Kejaksaan Negeri Rejang Lebong, Conny Tonggo Masdelima mengatakan, vonis bebas yang diputuskan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Curup atas terdakwa Sayuti atas perkara narkoba turut menjadi perhatian Kejaksaan Tinggi Bengkulu.

"Perkara narkoba dengan terdakwa Sayuti yang divonis bebas sebelumnya juga menjadi perhatian Kejati, kami diminta untuk membuat laporan perkembangannya," kata Conny dikonfirmasi RMOLBengkulu, Senin (17/2).

Saat ini sendiri dirinya telah meminta Kasi Intelejen Kejaksaa untuk membuat laporan khusus perkara yang saat ini tengah dilakukan upaya hukum lainnya berupa Kasasi ke Mahkamah Agung, sehingga setiap perkembangan akan dilaporkan ke Kejati Bengkulu.

Dia menjelaskan, perkara narkoba merupakan perkara yang menjadi perhatian, sehingga vonis bebas yang dijatuhkan kepada terdakwa akan menjadi perhatian serius.

"Kasus narkoba dan korupsi itu menjadi perhatian, sehingga setiap perkembangannya akan selalu dipantau, saat ini langkah hukum tengah kita siapkan," bebernya.

Sementara itu, Kasi Pidana Umum (Pidum) Kejaksaan Negeri (Kejari) Rejang Lebong, Eriyanto menambahkan, pada 10 Februari 2020 kemarin, akta kasasi Nomor 176/akta.pid.sus/2020/pncrp, secara resmi telah ditandatangi, memori kasasi itu sendiri akan mereka sampaikan Selasa (18/2) besom ke MA melalui Ketua Pengadilan Negeri Curup.

"Akta secara resmi sudah ditandatangani, jika tidak ada halangan besok kita sampaikan ke MA melalui Ketua Pengadilan Negeri Curup," bebernya.

Memori kasasi itu mereka sampaikan sesuai Pasal 245 ayat 1 dan Pasal 248 ayat 1 KUHP yang intinya penuntut umum menilai putusan majelis hakim tidak menerapkan hukum sebagai mestinya dan keliru dalam menafsirkan unsur kedua dalam dakwaan alternatif kedua penuntut umum atas perkara tersebut.

Sekedar mengingatkan, sebelumnya dalam sidang pembacaan vonis perkara kepemilikan ganja di Pengadilan Negeri Curup pada Kamis (30/1), Majelis Hakim dengan Hakim Ketua Annie Safrina Simanjuntak dengan hakim anggota Fakhrudin dan Nur Ihsan Sahabuddin, terdakwa Sayuti dinyatakan bebas setelah sebelumnya dituntut 8 tahun penjara oleh JPU Kejaksaan Negeri Rejang Lebong. [tmc]

Komentar Pembaca
China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00