Putri Wapres Sudah Ditimang-timang Gerindra

Politik  SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 08:05:00 WIB | OLEH: REDAKSI

Putri Wapres Sudah Ditimang-timang Gerindra
RMOLBengkulu. Siti Nur Azizah binti Ma'ruf Amin merupakan salah satu figur yang diperhitungkan untuk jadi Calon Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) pada Pilkada Serentak 2020. Diprediksi, ia akan dicalonkan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Pengurus DPD Partai Gerindra Tangsel menilai, putri Wakil Presiden KH Maruf Amin ini merupakan kandidat paling serius untuk didukung.

Menurut Sekretaris Partai Gerindra Banten Andra Soni, Azizah dinilai paling intens melakukan komunikasi. Dia tak pernah absen di setiap tahapan penjaringan yang dilakukan Gerindra.

"Saat ini tahapan sudah masuk wilayah DPD, dan nama Ibu Siti Nur Azizah salah satu kandidat yang kami nilai tingkat keseriusan mengikuti tahapan di atas rata-rata," kata Andra Soni dalam keterangan tertulis yang diterima Redaksi Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (16/2).

Sebelumnya, sinyal dukungan Gerindra pada Azizah telah tampak saat DPD Partai Gerindra Banten mengundangnya menjadi narasumber diskusi publik di Kantor DPD Partai Gerindra beberapa hari lalu.

"Kami tidak bisa menampik bahwa Gerindra memiliki kesamaan visi dengan Siti Nur Azizah," ungkapnya.

Menurut dia, dari beberapa nama bakal calon walikota dan wakil walikota Tangsel yang telah mendaftar ke Gerindra, Siti merupakan salah satu bakal calon walikota yang paling serius menyiapkan visi-misi Tangsel ke depan, meskipun ia bukan kader Gerindra.

"Proses penjaringan masih panjang, tapi kalau masyarakat jeli, sikap Gerindra akan condong ke sosok mana untuk Pilkada Tangsel sudah bisa diprediksi. Sebab, DPD tidak mungkin mengundang bakal calon menjadi narasumber diskusi tanpa alasan,” ujar Andra.

Saat ini, kata Andra, Gerindra masih akan melakukan tahapan penjaringan calon kepala daerah. Instrumen lain yang digunakan Gerindra untuk memilih kandidat adalah survei. Gerindra masih butuh 2 kursi DPRD Tangsel untuk mencapai 10 kursi yang menjadi syarat mengusung calon walikota dan wakil walikota di Pilkada Tangsel.

Rekomendasi tentu perlu diselaraskan dengan mitra-mitra koalisi nanti dengan siapa nomor 1 dan siapa nomor 2 dan banyak faktor lain. Masih dinamis dan masih cair walau kisi-kisi mulai tampak,” katanya.

Sementara Partai Amanat Nasional (PAN) yang memiliki dua kursi di DPRD Tangsel mememberi sinyal akan mengikuti keputusan politik Gerindra jika mengusung Azizah. Apalagi saat ini PAN bergabung menjadi satu faksi dengan Gerindra di DPRD Tangsel.

"Insya Allah, hal itu (mendukung azizah dan berkoalisi dengan Gerindra) sangat besar. Kami menunggu surat (dukungan) dari Gerindra keluar,” ujar Sekretaris DPD PAN Tangsel Eko Syurahman saat dikonfirmasi awak media. [tmc]




Komentar Pembaca