Warga Lebong Ayo Ikut Sensus Penduduk 2020, Begini Caranya

Daerah  SABTU, 15 FEBRUARI 2020 , 15:28:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Warga Lebong Ayo Ikut Sensus Penduduk 2020, Begini Caranya

Sriwiyana Teguh Ananto/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lebong, memastikan pendataan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) secara daring, pada hari ini Sabtu (15/2) sudah dimulai.

Kepala BPS Kabupaten Lebong, Sriwiyana Teguh Ananto mengatakan, perangkat yang terhubung dengan internet, masyarakat hanya perlu menyiapkan KTP-el dan kartu keluarga (KK) yang di dalamnya terdapat nomor induk kependudukan (NIK).

"Yang belum punya KTP-el kami datangi  karena kami sadar belum semua wilayah terjangkau" ujar Teguh sapaan akrabnya, Sabtu (15/2) siang.

Ia menjelaskan langkah-langkah Sensus Penduduk secara online yaitu, masuk ke laman sensus.bps.go.id. Selanjutnya, masukkan NIK dan nomor KK, klik kotak kosong pada Captcha lalu klik "Cek Keberadaan".

Jika pertama kali melakukan akses pada SP online, buatlah kata sandi dan pilih pertanyaan keamanan yang paling sesuai. Lalu klik "Buat Password".

Masukkan kata sandi yang telah dibuat sebelumnya lalu klik "Masuk". Baca juga panduan awal mengenai pengisian SP online, lalu klik "Mulai Mengisi" hingga selesai.

"Sedangkan, untuk pembuatan Password. Password dibuat sendiri oleh KK yang bersangkutan, dan berguna untuk melindungi data dari penggunaan data oleh yang tidak berhak," ungkapnya.

Namun apabila masyarakat belum mengaksesnya secara online, dikatakan Teguh tidak perlu khawatir karena nanti ada petugas yang mendata secara offline yaitu dari rumah ke rumah mulai Juli 2020.

"Ada 21 pertanyaan yang terdiri dari variabel individu spt nama, nik, tempat tanggal lahir, dan sebagainya. Ada juga pertanyaan variabel pekerjaan, pendidikan dan perumahan. Totalnya 21 pertanyaan," demikian Teguh. [tmc]



Komentar Pembaca