Antisipasi DBD, Dinkes Rejang Lebong Kembali Sosialisasikan PSN

Daerah  JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 17:01:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Antisipasi DBD, Dinkes Rejang Lebong Kembali Sosialisasikan PSN

Syamsir/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Pada tahun 2018 lalu, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Rejang Lebong mangalami peningkatan yang cukup tajam dari tahun 2017, dari sebanyak 64 kasus menjadi 220 kasus, kemudian 2019 turun menjadi 114 kasus.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir mengatakan, kasus demam berdarah yang terjadi selama ini menyerang warga dari luar daerah itu.

"Jadi bukan nyamuknya ada di Rejang Lebong, tetapi warga ini digigit nyamuk penyebar DBD saat berada di luar daerah seperti di Kota Bengkulu atau Lubuklinggau," ujarnya.

Warga yang terserang DBD itu dilanjutkan dia, kembali ke Rejang Lebong kemudian jatuh  sakit dan dinyatakan positif DBD, sehingga kasus tersebut tercatat petugas kesehatan didaerah itu.

Guna mengantisipasi penyebaran nyamuk Aedes Aegypti yang membawa virus Dengue itu, dalam waktu dekat pihaknya akan mengumpulkan seluruh RT-RT yang wilayahnya endemis DBD didaerah itu guna mensosialisasikan pentingnya program pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

"Program PSN ini paling efektif, karena tidak memakan biaya dan terbukti ampuh, jika seminggu sekali digalakkan PSN ini maka DBD bisa diberantas," imbuhnya. [ogi]


Komentar Pembaca
China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00