Cegah Pungli, Inspektorat Gencar Turun Sosialisasi

Daerah  KAMIS, 13 FEBRUARI 2020 , 17:04:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Cegah Pungli, Inspektorat Gencar Turun Sosialisasi

Tim Saber saat memberikan materi/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Inspektorat Kabupaten Lebong, gencar melakukan Sosialisasi bekerja sama dengan tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli). Kegiatan itu dipusatkan saat gelaran Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tiap kecamatan digelar.

Itupun sebagai upaya membebaskan kabupaten ini terbebas dari praktik pungutan liar. Terutama yang terkait dengan pelayanan publik dan birokrasi pemerintahan di semua tingkatan.

Inspektur Inspektorat Kabupaten Lebong, Jauhari Chandra mengatakan, komitmen untuk membebaskan semua aktivitas pelayanan pemerintahan ke masyarakat dari praktik pungli harus terus digaungkan.

"Kita melaksanakan sosalisasi ini dalam rangka untuk pencegahan. Harapannya Tim Saber Pungli hadir menyampaikan materi sosialisasi di tingkat kecamatan, kelurahan, hingga desa. Jangan sampai ada pungutan-pungutan yang di luar ketentuan atau pungutan," katanya, Rabu (12/2) kemarin.

Dia menjelaskan, saat sosialisasi pihaknya menghadirkan beberapa unsur. Yakni dari Polres, Kejari, Kemenag, Satpol PP, Kesbangpol, dan Inspektorat.

Lebih jauh, menurutnya sosialisasi Ini merupakan langkah preventif (pencegahan) tindak pidana korupsi agar ASN maupun aparat pemerintah desa tidak tersandung kasus hukum.

Apalagi, sambung Jauhari, korupsi dapat mengganggu proses pembangunan di Lebong. Terutama dalam penekanan angka kemiskinan  dan peningkatan pembangunan bidang  perekonomian menuju kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh peserta menjadi paham dan menghindari segela bentuk serta praktik Pungutan Liar," demikian Jauhari. [tmc]



Komentar Pembaca