Kuota Penerima Program Bansos Rejang Lebong Bertambah

Zulfan: Verivali Bakal Dilakukan Puskesos

Daerah  KAMIS, 13 FEBRUARI 2020 , 14:29:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Kuota Penerima Program Bansos Rejang Lebong Bertambah

Zulfan Efendi/ RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Jumlah kuota penerima program bantuan sosial program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Pemerintah Pusat di Kabupaten Rejang Lebong tahun 2020 ini mengalami peningkatan dibanding tahun 2019 lalu.
Kepala Dinas Sosial Rejang Lebong, Zulfan Efendi mengatakan, berdasarkan data yang mereka terima dari Kementrian Sosial RI, kuota penerima program bantuan sosial tahun 2020 ini sebanyak 19.405 keluarga penerima manfaat (KPM), sedangkan tahun 2019 lalu sebanyak 19.300-an.

"Tahun ini kuota penerima bantuan sosial di Rejang Lebong mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya yakni sebanyak 19.405 KPM, namun kuota ini bisa saja tidak sama dengan jumlah penerima nantinya," ujar Zulfan kepada RMOLBengkulu.

Dia menjelaskan dari kuota itu nantinya, akan ditetapkan mana saja warga yang berhak menerima bantuan, yang nantinya penetapan penerima itu diatur dalam SK Menteri Sosial, dalam SK itu biasanya jumlah penerima tidak sama dnegan jumlah kuota penerima bantuan sosial.

Seperti pada tahun 2019 lalu, dia menyebutkan, dari kuota sebanyak 19.300 KPM, yang menerima SK Menteri hanya sebanyak 18.000 an KPM.

Disisi lain, terkait dengan verifikasi dan falidasi (Verval) penerima program bantuan sosial sendiri, dibeberkan dia, tahun ini akan dilakukan dengan pola yang berbeda yakni dengan melibatkan petugas ditingkat bawah dengan membentuk Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos).

"Kita tengah meranxang Peraturan Bupati untuk membentuk Puskesos, dalam Puskesos ini nanti terdiri dari 10 orang petugas ditingkat desa, pembinanya adalah Kades," bebernya.

Dibentuknya Puskesos itu nantinya ditambahkan dia akan lebih memudahkan dalam proses Verivali karena petugas nantinya akan lebih mengetahui secara peprsis kondisi penerima bantuan sosial, mengingat petugas tersbebut berasal dari setempat. [ogi]


Komentar Pembaca