Tangkal Virus Corona Masuk Ke Bengkulu, Puluhan Pegawai Diperiksa

Nusantara  RABU, 12 FEBRUARI 2020 , 19:42:00 WIB | LAPORAN: TRI YULIANTI IMRAN

Tangkal Virus Corona Masuk Ke Bengkulu, Puluhan Pegawai Diperiksa

Simulasi pencegahan virus corona

RMOLBengkulu. Cegah masuknya virus novel corona, 2019-nCoV di Provinsi Bengkulu, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Bengkulu menggelar simulasi penanganan virus corona untuk Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu, Rabu (12/2) siang.

Simulasi ini dipusatkan di Hotel Grage Horizon Bengkulu dengan melibatkan puluhan peserta dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Bengkulu yang berseragam lengkap dengan alat pendeteksi thermal scaner.

Kepala Kantor KKP Kelas III Bengkulu, Rosyid Ridlo Prayogo menjelaskan, simulasi ini berguna untuk menunjukkan kesiapan sekaligus menyegarkan kembali pengetahuan SDM dinas terkait dalam menangani virus corona.

"Kita menyatukan pendapat, saling berkoordinasi bagaimana dalam menangani virus corona yang kemungkinan bisa terjadi. Kita sudah menyiapkan thermal scanner yang bisa mendeteksi virus tersebut. Dimana scanner akan berwarna merah bila menangkap orang yang suhu badannya mencapai 38 derajat," kata Rosyid, Rabu (12/2) siang.

Sementara, Plt Executive General Manager PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Fatmawati, Sarosa yang menambahkan, saat ini pihaknya tetap waspada terhadap penumpang pesawat dari Batam dan Jakarta.

Pasalnya Batam dan Jakarta merupakan pintu masuk penumpang dari luar negeri ke Provinsi Bengkulu. Sehingga tidak menutup kemungkinan virus corona berpotensi dibawa dari dua daerah tersebut.

"Saya meminta seluruh stakeholder transportasi khususnya di sektor udara untuk memerhatikan perkembangan virus corona di Wuhan dan melakukan upaya preventif yang lebih intensif bagi penumpang pesawat dari Batam dan Jakarta," ujar Sarosa.

Lebih lanjut, selain mewaspadai penumpang pesawat dari Batam dan Jakarta, pihaknya juga mewaspadai penumpang yang berasal dari Sumatera Selatan. Hal ini mengingat, beberapa maskapai penerbangan juga melayani penerbangan ke bumi Sriwijaya ini.

Dirinya mengaku, selain melakukan pemantauan, pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan penumpang di Bandara yang cukup ketat melalui pemasangan thermal scanner untuk mendeteksi peningkatan suhu tubuh penumpang yang dipasang pada area
kedatangan.
 
"Setiap penumpang yang baru tiba di Bandara Fatmawati harus melewati thermal scanner untuk mengetahui suhu tubuhnya. Bila suhunya tinggi, maka petugas akan melakukan pemeriksaan lanjutan," tutup Sarosa.

Kendati demikian, pemasangan thermal scanner juga telah dipasang di pintu masuk Internasional Bandara Soekarno Hatta dan Hang Nadim Batam. Sehingga penyebaran virus korona ke daerah juga dapat diantisipasi sejak dini. [tmc]

Komentar Pembaca