TPP Baru Dibayar Setelah Direstui Kemendagri

Daerah  RABU, 12 FEBRUARI 2020 , 19:37:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

TPP Baru Dibayar Setelah Direstui Kemendagri

Elsivera/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) tahun 2020 harus mendapat persetujuan Kementerian Dalam Negeri (Mendagri). Merujuk Permendagri Nomor 061 Tahun 2019 tentang prosedur dan penetapan TPP.

Kabag Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Sekretariat Daerah (Setda) Lebong, Elsivera mengungkapkan, prosedur regulasi dimaksud sudah disampaikan kepada Kemendagri.

"Sekarang posisinya, tinggal menunggu persetujuan (Kemendagri, red) turun," kata Elsi sapaan akrabnya, Rabu (12/2) siang di ruang kerjanya.

Untuk besaran TPP aparatur sipil negara (ASN) di daerah itu, hingga kini belum jelas. Namun, dipastikannya besaran TPP di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) tidak diperbolehkan melebihi besaran Tukin 2019.

Lebih jauh, ia mengaku apabila TPP 2020 sudah disetujui oleh pihak Kemendagri. Untuk selanjutnya akan dilakukan rapat lintas sektor untuk penentuan berapa nilai TPP bagi abdi negara di lingkup Pemkab Lebong.

"Nanti, kalau sudah turun dari Kemendagri kita akan rapat bersama menyesuaikan kondisi keuangan daerah. Jangan sampai nanti nilai sudah ditetapkan, tapi anggarannya tidak ada," ungkapnya.

Ia menambahkan, ada beberapa perubahan yang sangat mendasar. TPP disusun dengan mempertimbangkan beban kerja, analisis jabatan, prestasi kerja, dan kondisi kerja. Yakni jarak tempuh dan kelangkaan profesi, misalnya dokter dan tenaga teknis lainnya.

"Sebelumnya, Perbup sudah bisa, namun sekarang tanpa ada persetujuan Mendagri tidak akan bisa terbayarkan," demikian Elsi.

Terpisah, Plt Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Lebong, Erik Rosadi mengaku masih menunggu petunjuk. Dipastikannya total anggaran TPP 2020 tidak jauh beda dengan jumlah Tukin tahun 2019 lalu.

"Untuk berapa totalnya belum hapal. Tapi, yang jelas tidak boleh melebihi tahun sebelumnya," singkatnya. [tmc]



Komentar Pembaca
China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00