Sensus Penduduk Bisa Dilakukan Secara Mandiri

Daerah  RABU, 12 FEBRUARI 2020 , 18:57:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Sensus Penduduk Bisa Dilakukan Secara Mandiri

Rakorda Sensus penduduk 2020/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Terhitung sejak Februari hingga Maret 2020 nanti, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Rejang Lebong akan melakukan sensus penduduk.
Kepala BPS Rejang Lebong, Novrizal mengatakan, pada sensus penduduk kali ini dapat dilakukan langsung oleh penduduk tanpa harus didatangi oleh petugas sensus.

"Sensus penduduk kali ini masyarakat dapat mencacat secara mandiri dengan mengakses situs sensus.bps.go.id, sensus secara online ini dilakukan sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020," kata Novrizal dalam rapat koordinasi daerah (Rakorda) sensus penduduk 2020, Rabu (12/2).

Sensus penduduk secara mandiri itu pihaknya mengharapkan peran serta perangkat desa atau kelurahan untuk menggerakkan warganya.

Sedangkan untuk sensus penduduk dengan sistem wawancara yang dilakukan petugas sensus dengan datang kerumah-rumah sendiri menurut dia dilakukan pada tanggal 1 hingga 30 Juli 2020.

"Perekrutan petugas sensus sendiri dilakukan dibulan April dan Mei, petugas yang akan direkrut sebanyak 260 orang disesuaikan wilayah tugas," imbuhnya.

Data yang digunakan dalam sensus nantinya, menurut dia menggunakan data terakhir Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Rejang Lebong.

Disisi lain, Bupati Rejang Lebong, Ahmad Hijazi yang membuka kegiatan Rakorda di salah satu hotel tersebut berharap, petugas sensus nantinya dapat melakukan sensus secara benar sehingga mendapatkan data yang valid.

"Sangat penting, karena dengan data yang valid kita dapat menghitung IPM (Indeks Pemebangunan Masyarakat,red), IPM ini kan dasarnya data penduduk kita," jelasnya.

Selain itu, dirinya juga mengintruksikan kepada OPD terkait termasuk para camat untuk berkoordinasi dengan BPS, sehingga sensus yang dilakukan terlaksana dengan baik.

"Petugas juga harus ada komunikasi dengan Kades dengan lurah yang bisa membantu dan mendampingi masyarakat, dengan komunikasi dan koordinasi akan terjaeab kesulitan-kesulitan yang ditemukan dilapangan," himbaunya.

Dalam Rakorda tersebut, nampak hadir Ketua DPRD Rejang Lebong, Mahdi Husen, perewakilan OPD dan camat di Rejang Lebong. [ogi]


Komentar Pembaca