Sah, KPU Gandeng Jaksa Di Pilkada 2020

Daerah  SELASA, 11 FEBRUARI 2020 , 19:01:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Sah, KPU Gandeng Jaksa Di Pilkada 2020

Usai MoU antara KPU dan Kejari Lebong/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong, melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Lebong.

Dalam penandatanganan kesepakatan itu digelar di Kantor Kejari Lebong, pada Selasa (11/2). Kegiatan ini dihadiri Ketua KPU Lebong, Shalahuddin Al Khidhr beserta seluruh Komisoner dan Staf KPU. Selain itu, dihadiri Kepala Kejari Lebong, Fadil Regan beserta seluruh Kasi dan stafnya.

"Kegiatan penandatanganan MoU memang dilegalkan terkait bantuan hukum KPU dalam penyelenggaraan pemilu Gubernur dan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati," kata Ketua KPU Lebong, Shalahuddin Al Khidhr, Selasa (11/2) siang.

Menurutnya, MoU dengan Kejari sangat penting dalam hal bantuan hukum. Terutama terkait penanganan permasalahan hukum di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.

"Kami (KPU) berkeinginan setelah Pilkada selesai, maka pertanggung jawabannya bisa clear (selesai) seluruhnya," pintahnya.

Sementara itu, Kepala Kejari Lebong, Fadil Regan , mengapresiasi atas pelaksanaan MoU antara KPU Lebong dan Kejaksaan Negeri Lebong itu.

"Ruang lingkup dari MoU terkait dengan pemberian bantuan hukum, pelayanan hukum dan pertimbangan hukum," singkatnya.

Adapun empat poin ruang lingkup kesepakatan bersama ini meliputi:

1. Memberikan bantuan hukum dalam menangani dan menyelesaikan permasalahan hukum di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara yang dihadapi PIHAK PERTAMA dalam sengketa Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lebong Tahun 2020;

2. Memberikan pertimbangan-pertimbangan hukum berupa Legal Opinion terhadap permasalahan hukum di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara yang dihadapi oleh PIHAK PERTAMA;

3. Memberikan pertimbangan-pertimbangan hukum berupa pendampingan hukum/legal asistensi pada proses pengadaan yang dilaksanakan oleh PIHAK PERTAMA;

4. Melakukan legal action berupa pembelaan kepentingan hukum PIHAK PERTAMA terhadap tuntutan/gugatan PIHAK KETIGA dan atau mengajukan gugatan kepada PIHAK KETIGA dalam Sengketa Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lebong Tahun 2020. [tmc]



Komentar Pembaca