Pilkades Di Rejang Lebong, Delapan Desa Masuk Ketegori Rawan

Daerah  SELASA, 11 FEBRUARI 2020 , 07:52:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Pilkades Di Rejang Lebong, Delapan Desa Masuk Ketegori Rawan

Deklarasi Damai Pilkades 2020/ RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Berdasarkan hasil pemetaan jajaran Polres Rejang Lebong, terdapat delapan desa yang masuk dalam daerah rawan dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang digelar pada  20 Februari 2020 nanti.

"Berdasarkan hasil pemetaan kita, ada ekeitar tujuh hingga delapan desa yang masuk daerah sangat rawan atau rawan," ujar Kabag Ops Polres Rejang Lebong, AKP Margopo usai menyaksikan deklarasi damai Pilkades gelombang III, Senin (10/2).

Dirinya tidak dapat menyebutkan desa-desa mana saja yang masuk dalam daerah rawan, namun potensi kerawanan yang kemungkinan terjadi di delapan desa itu terbagi dalam beberapa kategori, yakni rawan dari segi politik, rawan pidana dan rawan dari segi geografis.

Guna mengamankan jalannya Pilkades di 56 desa nantinya, dia menyebutkan, Polres Rejang Lebong menerjunkan sebanyak 300 - an personil gabungan, yang pembagainnya nanti disesuaikan dengan kategori kerawanan desa tersebut.

"Kita akan melakukan pengamanan, untuk hal-hal yang mungkin terjadi seperti penyuapan (Money Politic,red) tetap akan kita proses, akan kita pelajari deliknya apakah masuk unsur pidana atau tidak," tegasnya.

Disisi lain, Kasdim Kodim 0409 Rejang Lebong, Mayor Inf  Sapto Ari Prabowo mewakili Dandim 0409, Lektol Inf, Sigit Purwoko menambahkan, dalam pelaksanaan Pilkades nanti Kodim 0409 akan mem Back Up aparat Kepolisian dengan menerjunkan personil.

"Kita siap mem Back Up pengamanan Polri untuk menciptakan stabilitas keamanan yang baik," singkatnya.

Disisi lain, Bupari Rejang Lebong Ahmad Hijazi menambahkan, suksesnya pelaksanaan Pilkades nanti akan menjadi acuan prlaksanaan Pilkada di daerah itu, sehingga dalam pelaksanaannya Pemkab Rejang Lebong melibatkan seluruh elemen.

"Kalau aman dalam Pilkades maka aman dalam Pilkada jadi itu syarat acuannya, jadi kita mantapkan dulu stabilitas Pulkades ini, makanya segala elemen kita turunkan untuk mengamankan Pilkades, sehingga tidak berdampak pada Pilkada," bebernya. [tmc[

Komentar Pembaca